16 Soal (Essay) Ekosistem Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Ekosistem

1. Jelaskan yang dimaksud dengan komponen biotik ?

2. Tuliskan komponen-komponen serta proses yang terjadi di dalam ekosistem!

3. Jelaskan yang dimaksud dengan heterotof (konsumen) ?

4. Secara fungsional proses yang terjadi di dalam ekosistem adalah sebagai berikut:

5. Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposer (pengurai) ?

6. Berikan contoh produsen di ekosistem perairan dan ekosistem darat!

7. Jelaskan yang dimaksud dengan komponen abiotik ?

8. Jelaskan mengapa bila satu komponen ekosistem berubah maka keseimbangan ekosistem juga berubah!

9. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem alami ?

10. Jelaskan apa peran sinar matahari bagi kehidupan dalam suatu ekosistem!

11. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem buatan ?

12. Jelaskan yang dimaksud dengan kars (batu gamping /gua) ?

13. Prediksikan apa yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah? Jelaskan alasanmu!

14. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem perairan (akuatik)

15. Jelaskan yang dimaksud dengan perairan air tawar ?

16. Jelaskan yang dimaksud dengan perairan air laut ?

Jawaban:

1. Komponen biotik adalah Suatu komponen ekosistem yang berupa benda hidup (organisme) Contoh komponen biotik : heterotrof (konsumen) dan pengurai (dekomposer).

2. Secara strukturan, ekosistem terdiri dari enam komponen yaitu:
a. Bahan anorganik yang meliputi C, N, CO2, H2O, dll. Bahan-bahan tersebut akan mengalami daur ulang.
b. Bahan organik yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut merupakan penghubung antara komponen biotik dan abiotik.
c. Kondisi iklim yang meliputi faktor-faktor iklik, seperti angin, curah hujan, dan suhu.
d. Produsen yang meliputi organisme-organisme autotrof. Organisme-organisme tersebut mampu mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.
e. Makrokonsumen yang meliputi organisme-organisme heterotrof tingkat tinggi seperti kambing, ular, serangga, dan udang. Organisme-organisme tersebut hidup bergantung pada organisme lain, dan dan memakan materi organik.
f. Mikrokonsumen (Dekomposer/Pengurai) yang meliputi organisme-organisme heterotrof tingkat rendah, saprotof, dan ormotrof, tertama bakteri dan fungi. Organisme-organisme tersebut berperan dalam pemecahan materi organik yang berupa sampah dan bangkai, menguraikannya sehingga terurai menjadi bahan anorganik.

3. Komponen heterotrof adalah Suatu organisme yang mengunakan bahan organik, yang telah disediakan oleh suatu organisme lain sebagai makanannya. Komponen ini memanfaatkan makanan yang dimakannya lebih kecil, dan disebut dengan komponen makro atau fagotrof.

4.
a. Aliran energi
b. Rantai makanan
c. Pola keragaman berdasarkan ruang dan waktu
d. Daur ulang biogeokimiawi
e. Perkembangan dan evolusi
f. Pengendalian atau sibernetika

5. Dekomposer (pengurai) adalah Suatu organisme yang mengurai sebuah bahan organik, yang berasal dari organisme yang sudah mati. Dekomposer (pengurai) memanfaatkan makanan yang dimakannya dalam jumlah yang besar, dan disebut dengan makro atau sapotrof.

6.
Contoh produsen di ekosistem perairan yaitu:
a. Tumbuhan air
b. Fitoplankton
Contoh produsen di ekosistem darat yaitu:
a. Rumput
b. Tumbuhan padi
c. Pohon yang besar seperti pohon mangga, pohon pisang, pohon jati, dan pohon jambu.

7. Komponen abiotik adalah Suatu komponen ekosistem yang terdiri berupa benda mati atau benda tak hidup (non hayati). Contoh komponen abiotik : suhu, air, garam, tanah, cahaya matahari, dan iklim.

8. Karena antarkomponen ekosistem memiliki saling ketergantungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

9. Ekosistem alami adalah Suatu hubungan timbal balik, yang terjadi pada suatu wilayah & suatu kejadian tertentu tanpa adanya campur tangan manusia.

10. Matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan yang terdapat dalam ekosistem, membantu proses fotosintesis pada tumbuhan, sebagai penerangan, dan menjaga suhu bumi agar tetap hangat supaya kehidupan di bumi tetap berjalan.

11. Ekosistem buatan adalah sebuah hubungan timbal balik yang terjadi pada suatu wilayah dan suatu kejadian tertentu merupakan hasil campur tangan manusia untuk memenuhi hasrat dan kebutuhannya.

12. Kars (Batu Gamping /Gua) adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang terbentuk, karena terjadinya pelarutan pada batuan dan biasanya disebut sebagai gua.

13. Yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah yaitu ketidak seimbangan rantai makanan, apabila rantai makanan tidak seimbang maka ekosistem tersebut juga menjadi tidak seimbang dan berakibat pada hilangnya komponen-komponen ekosistem tersebut.

14. Ekosistem perairan adalah suatu ekositem yang dimana seluruh faktor lingkungannya berupa air sebagai habitat berbagai macam organisme air. Dengan kata lain ekosistem air ini merupakan lingkungan yang didominasi oleh air sebagai habitat komponen biotik dan abiotik.

15. Perairan air tawar adalah ekosistem perairan yang memiliki kandungan kadar garamnya sangat rendah. Contohnya danau, sungai dan rawa.

16. Perairan air laut adalah ekosistem perairan pada air laut yang memiliki kandungan kadar garamnya tinggi. yaitu terdiri dari perairan laut dalam, pasir pantai perairan laut dangkal/bitarol, dan perairan pasang surut.