5 Soal (Essay) Analisis Pembangunan Ekonomi Beserta Jawaban

Diposting pada

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Analisis Pembangunan Ekonomi

1. Jelaskan tentang pembangunan ekonomi !

2. Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari?
3. Jelaskan pembangunan sebagai suatu proses
4. Jelaskan pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan per kapita!
5. Jelaskan peningkatan pendapatan per kapita yang terjadi harus berlangsung dalam jangka panjang!

Jawaban:

1. Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.
2. Pertumbuhan ekonomi (economic growth); pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.
3. Dimana setiap negara dan masyarakat perlu menjalani tahapan atau proses pembangunan demi terwujudnya kondisi adil, makmur dan kesejahteraan suatu negara.
4. Sebagaimana pembangunan adalah suatu proses, pembangunan juga sebagai suatu usaha dalam bentuk tindakan yang bersifat aktif demi meningkatkan pendapatan per kapita rakyatnya, hal ini dikarenakan pendapatan per kapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan rakyatnya. Oleh karena itu, usaha ini memerlukan peranan atau kerjasama dari pemerintah. Masyarakat dan juga lembaga-lembaga ekonomi yang terlibat lainnya.
5. Suatu negara dianggap berkembang atau mengalami peningkatan secara ekonomi bisa terjadi peningkatan pendapatan per kapita dalam kurun waktu tertentu atau dalam jangka panjang, meskipun begitu hal ini tidak berarti kenaikan pendapatan per kapita harus terjadi terus-menerus, bila suatu negara atau daerah mengalami bencana alam biasanya pendapatan perkapitanya tentunya akan menurun namun hal ini merupakan kejadian tidak terduga yang sifatnya sementara, yang terpenting bagi suatu negara adalah adanya peningkatan per kapita rata-rata dalam jangka waktu tertentu.