Hal Penting untuk Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Penutur asli bahasa Inggris terkadang kesulitan berkomunikasi. Masalah dalam komunikasi terjadi ketika koneksi terputus antara pembicara dan pendengar. Di suatu tempat di sepanjang jalan, informasi yang ditransfer hilang atau tercampur.

Berikut adalah beberapa cara agar masalah komunikasi dapat terjadi:

  1. Pembicara tidak mengekspresikan dirinya dengan cukup jelas.
  2. Pembicara menggunakan bahasa yang pendengarnya tidak mengerti.
  3. Pendengar tidak mengerti pembicara.
  4. Pendengar tidak cukup memperhatikan pembicara.

Ada beberapa cara untuk mencegah kesalahan komunikasi, baik sebagai pembicara maupun pendengar. Yang harus Anda lakukan adalah mengingat tiga aturan komunikasi yang sangat penting, dan ikuti beberapa tips dasar untuk benar-benar meningkatkan keterampilan komunikasi Anda dalam bahasa Inggris.

8 Tips Penting untuk Komunikasi yang Jelas dalam Bahasa Inggris

1. Terus bicara

Masalahnya: Anda mungkin mengalami kesulitan berbicara dengan lancar jika Anda tidak yakin dengan tata bahasa atau kosa kata Anda. Namun, banyak berhenti ketika Anda berbicara dapat mempersulit orang untuk fokus pada apa yang Anda katakan.
Solusinya: Ketahui frasa pengisi Anda!
Frasa pengisi adalah frasa (dan kata-kata) yang bertindak seperti penampung dalam sebuah kalimat. Mereka mengisi keheningan sehingga pidato Anda tidak terganggu. Mereka tidak benar-benar menambahkan apa pun pada percakapan, jadi mereka memberi Anda sedikit waktu untuk memikirkan apa yang harus dikatakan.
Beberapa contoh frasa pengisi adalah:
Um, uh
Kamu tahu…
Sejujurnya…
Sebenarnya…

Seperti hal baik apa pun, jangan terlalu sering menggunakannya! Terlalu banyak frasa pengisi sama buruknya dengan terlalu banyak jeda. Untuk menemukan keseimbangan yang baik, cobalah untuk tidak menggunakan lebih dari satu frase pengisi untuk setiap pasangan kalimat yang Anda ucapkan. Anda akan menemukan bahwa ini menjadi lebih mudah saat Anda mengerjakannya.
Cobalah sendiri: Temukan topik yang dapat Anda bicarakan dengan nyaman selama beberapa menit (Anda dapat menggunakan salah satu dari permulaan percakapan di sini). Rekam diri Anda berbicara tentang topik dalam bahasa Inggris selama beberapa menit. Setelah selesai, dengarkan rekaman Anda.
Seberapa sering Anda berhenti? Seberapa sering Anda menggunakan frasa pengisi? Coba rekam diri Anda lagi berbicara tentang topik yang sama, tetapi kali ini hati-hati karena menggunakan terlalu banyak jeda atau frasa pengisi.

2. Temukan ritme bicara yang baik

Masalahnya: Jika Anda mencoba berbicara terlalu cepat, kata-kata Anda tidak keluar dengan benar. Tetapi jika Anda mencoba untuk memperlambat, Anda mengalami kesulitan untuk fokus.
Solusinya: Anda perlu bekerja pada ritme bicara Anda, atau kecepatan dan “suara” bicara Anda.
Menemukan ritme bicara Anda yang sempurna akan sangat membantu meningkatkan kelancaran Anda. Kecepatan bicara yang baik nyaman bagi Anda dan pendengar, membuat Anda tetap fokus, dan memberi Anda cukup waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda katakan.

Cobalah sendiri: Untuk menemukan ritme yang sempurna, Anda mungkin harus sedikit bereksperimen. Temukan paragraf pendek, atau bahkan hanya kalimat untuk diucapkan. (Anda dapat mencoba menggunakan beberapa lelucon konyol satu liner ini. Poin bonus untuk memahami humor!)
Ucapkan kalimat itu perlahan, lalu lebih cepat lagi, dan lagi. Setelah Anda mencapai pidato yang tidak terasa nyaman (terlalu cepat), pelan-pelan kembali. Ulangi ini dengan beberapa kalimat, dan segera Anda akan menemukan kecepatan yang sempurna.
Setelah Anda menemukan kecepatan yang tepat, Anda dapat mengerjakan ritme, yang merupakan tekanan dan intonasi (seberapa tinggi atau rendah suara) suara Anda ketika Anda berbicara. Untuk melakukan ini, pilih video yang memiliki subtitle. Kami merekomendasikan penggunaan video dari perpustakaan FluentU yang mengesankan karena setiap video memiliki subtitle interaktif — cukup klik kata asing untuk definisi instan.
Dari video ini, pilih satu kalimat. Mainkan sekali, lalu mainkan lagi dan ucapkan bersama dengan videonya. Ulangi! (Jika Anda menonton di FluentU, cukup klik tombol “replay” yang praktis untuk mengulangi baris video berulang-ulang.) Cobalah untuk mencocokkan kecepatan, tekanan, dan suara keseluruhan kalimat saat Anda berbicara.

3. Pastikan Anda mengerti

Masalahnya: Karena kendala bahasa, Anda tidak pernah yakin apakah orang benar-benar mengerti apa yang Anda maksudkan.
Solusinya: Tanyakan saja kepada mereka. Sebagian besar waktu, Anda dapat memastikan seseorang memahami apa yang Anda katakan dengan meminta mereka mengulangi apa yang Anda katakan.
Jika Anda khawatir kedengarannya kasar, Anda dapat mengingatkan mereka bahwa Anda masih belajar bahasa Inggris, dan Anda ingin memastikan bahwa Anda mengekspresikan diri dengan benar.
Cobalah sendiri: Berlatihlah dengan mitra yang berbicara, atau coba saja ini dalam percakapan bahasa Inggris apa pun: Lain kali Anda memberikan instruksi, arahan atau informasi, ikuti dengan salah satu dari frasa ini:
Saya ingin memastikan Anda mendapatkannya. Maukah Anda mengulanginya?
Saya tidak yakin apakah saya mengatakan itu dengan benar. Bisakah Anda mengulanginya?
Bisakah Anda menjalankannya dengan saya, jadi saya tahu Anda mendapatkannya?
Saya ingin memastikan bahwa saya mengekspresikan diri saya dengan jelas.

Bisakah Anda memberi tahu saya apa yang baru saja saya katakan, jadi saya tahu kami ada di halaman yang sama?
Dengan meminta pendengar mengulangi apa yang Anda katakan, Anda dapat memastikan Anda dipahami, atau mengklarifikasi apa pun yang tidak mereka dapatkan (mengerti).

4. Ulangi apa yang Anda katakan

Masalahnya: Terkadang Anda tidak yakin apakah Anda mengerti apa yang orang lain maksudkan, dan Anda tidak tahu cara memeriksanya.
Solusinya: Jangan takut untuk meminta orang mengulangi sendiri. Sebagian besar orang akan setuju bahwa lebih baik mengulangi diri sendiri daripada memiliki kesalahpahaman. Cara yang bahkan lebih efektif untuk memastikan Anda mengerti benar adalah mengulangi apa yang Anda dengar.
Kapan pun Anda mendapatkan informasi dan Anda tidak yakin memahaminya, katakan saja kembali ke pembicara dengan kata-kata Anda sendiri. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki apa pun yang Anda tidak mengerti, atau mengkonfirmasi bahwa Anda mendengar dengan benar.
Cobalah sendiri: Anda dapat mempraktikkan ini dengan mitra yang berbicara juga, atau dalam percakapan bahasa Inggris yang sebenarnya: Ulangi informasi baru kembali ke pembicara.
Anda dapat menggunakan frasa ini sebelum informasi:
Saya ingin memastikan saya melakukannya dengan benar, …
Jadi biarkan saya meluruskan ini, …
Maksudmu…
Jika saya memahami Anda dengan benar, …
Anda juga dapat mencoba ini dengan apa pun yang Anda baca atau tonton. Setelah Anda membaca atau menonton sesuatu, luangkan waktu sejenak untuk menjelaskan dalam bahasa Inggris apa yang baru Anda pelajari. Ini akan membantu Anda mengerjakan ringkasan dan keterampilan memahami Anda.

5. Ajukan pertanyaan klarifikasi

Masalahnya: Anda tidak mengerti apa yang diperintahkan kepada Anda.
Solusinya: Terkadang Anda tidak mengerti cukup informasi untuk dapat mengulanginya. Lain kali Anda merasa seperti Anda hanya memahami sesuatu secara parsial. Dalam kasus ini, Anda dapat mengajukan pertanyaan yang akan mengklarifikasi (atau menjernihkan) kesalahpahaman atau informasi apa pun yang Anda lewatkan.
Cobalah sendiri: Jenis pertanyaan yang Anda ajukan akan berbeda-beda berdasarkan percakapan yang Anda lakukan. Anda masih bisa berlatih mengajukan pertanyaan yang baik dengan pasangan dengan bermain game seperti “20 Pertanyaan.”
Untuk bermain, pasangan Anda memikirkan seseorang, tempat atau sesuatu.
Anda harus mencari tahu apa yang mereka pikirkan dengan mengajukan pertanyaan ya atau tidak, seperti “Apakah itu makhluk hidup?” Atau “Apakah itu suka tidur siang di tempat yang cerah?” (Jika jawaban untuk keduanya adalah “ya,” mungkin itu kucing!)
Anda juga dapat mempraktikkannya saat membaca apa pun di Internet. Saat Anda membaca, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan tentang apa pun yang Anda tidak mengerti atau informasi apa pun yang hilang. Jika Anda membaca artikel ini, misalnya, Anda mungkin bertanya-tanya “Berapa diskonnya?” Atau “Berapa yang dikeluarkan Starbucks alih-alih didaur ulang?” Mengajukan pertanyaan ini akan membantu keterampilan komunikasi Anda, keterampilan membaca pemahaman, dan pemahaman umum tentang dunia di sekitar Anda.

6. Awasi bahasa tubuh Anda

Masalahnya: Anda mengatakan satu hal, tetapi tubuh Anda mengatakan sesuatu yang berbeda.
Solusinya: Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tetapi tubuh Anda berbicara sekeras Anda. Cara Anda duduk, cara Anda memegang tangan, bahkan ke arah mana Anda memandang — semua ini dapat mengubah arti kata-kata yang Anda ucapkan.
Misalnya, jika Anda memberi tahu seseorang bahwa Anda ingin makan siang bersama mereka, tetapi lengan Anda disilangkan dan Anda tidak tersenyum, mereka mungkin berpikir bahwa Anda sebenarnya tidak ingin melakukannya. Jika Anda gugup berbicara bahasa Inggris dengan tidak benar, Anda mungkin menunjukkan bahasa tubuh yang negatif. Dan Anda mungkin disalahpahami karena itu. Jadi yang paling penting adalah bersantai!
Untuk penutur asli, sebagian besar bahasa tubuh intuitif. Itu berarti Anda melakukannya tanpa memikirkan atau harus mempelajarinya. Namun, tidak semuanya bersifat universal. Artinya, tidak semua bahasa tubuh dan gerak tubuh memiliki arti yang sama dalam budaya yang berbeda. (Jadi, Anda mungkin harus belajar di sini!)

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika Anda berbicara bahasa Inggris:

Hindari beberapa gerakan tangan.

Menunjukkan hanya jari tengah dengan sisa jari yang terlipat dianggap sebagai gerakan ofensif. Di Inggris, membuat tanda V dengan jari telunjuk dan jari tengah Anda juga dianggap kasar (di Amerika, itu hanya tanda yang berarti “perdamaian,” yang sama sekali tidak kasar).

Namun, gunakan tangan Anda untuk berbicara. Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda bersemangat atau tertarik. Membanting kepalan ke tangan terbuka menunjukkan tekad. Membanting telapak tangan yang terbuka atau kepalan tangan ke meja bisa menunjukkan kemarahan. Namun, menjaga tangan tetap tertutup dan terlipat di dada membuat Anda kedinginan dan tidak tertarik.

Jari dapat berbicara juga.

Anda dapat mengandalkan jari-jari Anda. Mulailah dengan jari tertutup menjadi kepalan tangan dan hitung dari jari telunjuk jika Anda berada di Amerika, dan mulailah dari ibu jari jika Anda berada di sebagian besar negara berbahasa Inggris lainnya. Anda juga dapat membuat tanda “oke” dengan membiarkan tiga jari terakhir Anda tetap terbuka, dan membuat “O” dengan jari telunjuk dan ibu jari Anda. Ada banyak gerakan jari lain yang bisa Anda pelajari — perhatikan beberapa penutur asli!

Menyilangkan kaki bisa berarti hal yang berbeda.

Jika Anda menyilangkan kaki ke arah lawan bicara, ini menunjukkan bahwa Anda mendengarkannya. Jika Anda menyilangkan kaki, itu bisa menunjukkan Anda tidak tertarik atau terganggu. Bahasa tubuh semacam ini bukanlah sesuatu yang dipelajari orang, tetapi mereka mungkin memperhatikan bahwa ada sesuatu yang terasa salah, atau Anda tampak tidak tertarik.
Selain dari tips ini, bahasa tubuh bervariasi tergantung di mana Anda berada. Perhatikan orang lain untuk memahami bagaimana tubuh mereka berbicara bersama dengan kata-kata mereka. Film atau acara TV berikutnya yang Anda tonton, perhatikan bahasa tubuh. Perhatikan situasi dan suasana hati pembicara ketika mereka membuat gerakan tertentu.

Cobalah sendiri:

Duduklah di depan cermin dan bicaralah sebentar. Berpura-puralah Anda berbicara dengan refleksi Anda. (Anda dapat menggunakan pembuka percakapan dari ujung nomor satu.) Apa yang Anda lakukan? Bagaimana dengan kaki Anda? Apa kata posturmu?
Bergeraklah dan cobalah berbagai hal, dan lihat bagaimana mereka mengubah arti kata-kata yang Anda ucapkan.
Temukan cara berbicara yang nyaman dan cobalah untuk bersantai. Saat Anda berbicara dengan orang yang sebenarnya dalam bahasa Inggris, Anda dapat mengingat latihan ini dan mengingat bagaimana rasanya tubuh Anda ketika Anda santai.
Sebaiknya ulangi latihan ini sambil berdiri juga.
Misalnya, lebih sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dengan tangan Anda ketika Anda berdiri.

 

7. Gunakan bahasa yang sesuai

Masalahnya: Anda tahu bahasa Inggris “biasa”, jadi Anda tidak yakin bagaimana berkomunikasi dengan seseorang yang berbicara bahasa Inggris profesional atau menggunakan bahasa gaul.
Solusinya: Terkadang pantas untuk beralih ke cara bicara yang lebih kasual atau lebih formal. Tergantung pada tujuan belajar bahasa Inggris Anda, Anda mungkin sudah belajar bahasa Inggris profesional atau percakapan. Dengarkan bagaimana lawan bicara Anda berbicara, perhatikan situasi dan lingkungan Anda, dan cobalah untuk mencocokkan jenis bahasa Inggris.
Jika Anda hanya belajar bahasa Inggris reguler, jangan khawatir: Sebagian besar waktu standar bahasa Inggris berfungsi dengan baik sebagai alat komunikasi, tidak peduli dengan siapa Anda berbicara.
Cobalah sendiri: Jika Anda tertarik dengan bahasa Inggris profesional atau percakapan, tempat yang baik untuk memulai adalah dengan membaca sedikit tentang mereka secara online.
FluentU memiliki banyak posting blog tentang kedua topik yang dapat Anda baca, seperti artikel ini tentang cara belajar bahasa Inggris profesional, atau posting ini dengan frasa yang sangat kasual. Jelajahi semua posting di sini untuk lebih banyak kosakata dan tips tentang cara melanjutkan pembelajaran Anda. Gunakan bilah pencarian dengan memasukkan istilah seperti “kerja,” “profesional,” “formal,” “gaul,” “santai” atau “percakapan.”

 

8. Berlatih empati

Masalahnya: Anda mengerti kata-kata yang diucapkan seseorang, tetapi Anda tidak mengerti mengapa mereka mengatakannya, atau mungkin Anda bahkan tidak setuju dengan itu.
Solusinya: Bayangkan Anda membenci dingin. Anda menyebutkan hal ini dalam percakapan dengan seseorang, dan mereka berseru bahwa mereka menyukai cuaca dingin. Anda tahu bahwa Anda mendengar kata-kata itu dengan benar, tetapi itu tidak masuk akal bagi Anda. Yang Anda butuhkan di sini adalah empati.
Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, dan itu merupakan bagian penting dari komunikasi dalam bahasa apa pun. Menunjukkan empati penting untuk mendengarkan dengan baik.

Anda tidak bisa hanya mendengarkan kata-kata seseorang, Anda perlu memahami apa yang mereka katakan, dan mencoba memahami apa artinya.
Anda mungkin tidak selalu setuju dengan seseorang, atau mereka mungkin tidak selalu memberi tahu Anda secara tepat apa yang mereka maksud, tetapi Anda bisa mencoba memahami sudut pandang mereka. Untuk melatih empati, tanyakan pada diri sendiri apa yang dirasakan dan dipikirkan pasangan Anda, lihat bahasa tubuh mereka, dan cobalah untuk memahami apa arti kata-kata mereka bagi mereka.

Cobalah sendiri: Permainan peran dapat membantu Anda mempelajari perasaan orang lain. Anda dapat melakukan ini sendiri atau dengan pasangan (atau grup). Untuk melakukan latihan, buat daftar karakter dan daftar pertanyaan seperti ini. Anda dapat menggunakan alat pembuatan karakter seperti ini, atau membuatnya sendiri. Berikan karakter karakter yang tidak Anda miliki.
(Misalnya, jika Anda malu, buat karakter percaya diri dan ramah.)
Sekarang pilih karakter dan jawab beberapa pertanyaan dari daftar Anda, dari sudut pandang mereka. Berpura-puralah Anda adalah karakter dan jawablah sebagaimana Anda pikir karakter itu akan menjawab. Latihan ini akan membantu Anda melihat dunia melalui mata orang lain.
Komunikasi penting dalam bahasa apa pun. Ikuti tips ini untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda dalam bahasa Inggris, dan dalam bahasa apa pun lainnya!

pembahasan : Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

Sumber : https://www.fluentu.com/blog/english/english-communication-tips/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *