Cara Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris

Diposting pada

Manfaat mengejutkan dari meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris Anda:
Anda akan dapat memahami penutur bahasa Inggris dengan aksen yang berbeda. Bahasa Inggris sangat beragam. Cara orang berbicara bahasa Inggris di Inggris dapat sangat berbeda dari bahasa Inggris yang digunakan di AS. Bahkan masing-masing negara yang berbahasa Inggris dapat menjadi rumah bagi berbagai cara berbicara bahasa Inggris. Karena itu, keterampilan mendengarkan yang baik dapat membantu Anda mengetahui apa yang orang katakan dengan aksen atau dialek yang tidak dikenal.

Jika keterampilan mendengarkan Anda sangat tajam, Anda akan lebih mudah mendengar dan memahami bahasa Inggris yang berbicara sangat jauh. Ini sebenarnya bisa menjadi keterampilan bertahan hidup dalam kasus bencana alam, serangan kekerasan atau keadaan darurat lainnya. Anda harus dapat mendengarkan secara aktif apa yang dikatakan di sekitar Anda, bukan hanya secara langsung kepada Anda.

Peningkatan keterampilan mendengarkan berarti peningkatan hubungan. Persahabatan apa pun yang Anda miliki dengan seorang penutur bahasa Inggris akan menjadi jauh lebih baik karena mereka merasa Anda benar-benar mendengarkan dan memahaminya.

 

“Kebijaksanaan adalah hadiah yang kamu dapatkan untuk mendengarkan seumur hidup ketika kamu lebih suka berbicara.”
Kutipan Doug Larson ini adalah nasihat hidup yang luar biasa, tetapi juga bermanfaat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris.

Mendengarkan adalah salah satu aspek terpenting dari komunikasi. Itulah cara kami berhubungan satu sama lain. Sama pentingnya dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu Anda.
Sayangnya, mempelajari cara mendengarkan bahasa asing — dan benar-benar mengerti — bisa jadi sulit.

Namun, tentu saja bukan tidak mungkin untuk dikuasai! Kami menyusun panduan yang penuh dengan tips, latihan latihan dan audio untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris.

Sebelum kita membahas nasihat pemahaman mendengarkan bahasa Inggris yang luar biasa ini, mari kita bicara tentang beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh peningkatan keterampilan mendengarkan di dunia nyata.

Cara Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris: 8 Tips Praktik yang Berhasil

Mari kita simak beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris Anda, cara mengeksekusi mereka dan mengapa mereka bekerja.

1. Aktiflah dalam mendengarkan Anda, bukan pasif.

Ada dua bentuk mendengarkan: aktif dan pasif.
Mendengarkan aktif adalah mendengarkan yang terfokus.

Anda mencoba untuk benar-benar memahami arti di balik apa yang dikatakan. Mendengarkan secara pasif hanya melibatkan mendengarkan apa yang dikatakan, tetapi tidak benar-benar berusaha memahami setiap kata.
Misalnya, ketika Anda memutar musik Inggris atau podcast dan tidak benar-benar fokus pada mereka, Anda mendengarkan secara pasif.
Tampaknya ada gagasan bahwa Anda dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris melalui pendengaran pasif. Sayangnya, ini tidak benar. Dalam pengalaman saya, mendengarkan pasif tidak membantu saya mempertahankan kata-kata kosa kata, pemahaman kata-kata, dll. Tanpa meluangkan waktu untuk benar-benar mencoba dan memahami bahasa yang saya dengarkan, saya tidak menghafal sesuatu yang baru.
Anda harus mendengarkan secara aktif setiap saat, bahkan ketika mendengarkan dengan santai seperti menikmati musik atau acara TV. Selain hanya memfokuskan dan memutar balik ketika Anda tidak memahami sesuatu, sisa tips dalam daftar ini akan membantu Anda mendengarkan Bahasa Inggris secara aktif untuk meningkatkan pemahaman Anda.

 

2. Tonton TV dan film berbahasa Inggris dengan subtitle dwibahasa.

Mulailah menonton TV dan film berbahasa Inggris dengan subtitle dalam bahasa Inggris dan bahasa ibu Anda. Ini dapat membantu karena memungkinkan Anda untuk dengan cepat menemukan arti kata asing yang Anda dengar dengan membaca subtitle dalam bahasa ibu Anda. Juga bermanfaat jika teks bahasa Inggris ditampilkan sehingga Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mencocokkan bahasa Inggris lisan dengan bahasa Inggris tertulis.
Mengubah subtitle video biasanya tidak sulit dilakukan jika Anda memiliki keanggotaan dengan layanan streaming. Namun, memiliki dua set subtitle yang ditampilkan sekaligus agak sulit.
Mungkin sulit untuk menemukan video dengan terjemahan bahasa Inggris dan bahasa ibu secara simultan, tetapi sangat mungkin. Video di bawah ini akan menunjukkan kepada Anda trik YouTube yang mudah:

Jika Anda menggunakan Google Chrome untuk meramban web, Anda bisa mendapatkan ekstensi yang memberi Anda subtitle dwibahasa untuk YouTube dan Netflix.
Ada juga panduan online yang tersedia yang menunjukkan kepada Anda cara menampilkan dua set subtitle secara bersamaan.

 

3. Mainkan game mendengarkan ESL secara online.

Permainan mendengarkan bahasa Inggris memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan bagi pelajar yang berjuang untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka.
Beberapa situs permainan mendengarkan ESL yang bagus meliputi:
meningkatkan-mendengarkan bahasa Inggris

ESL Kids Lab: Situs ini dipenuhi dengan latihan mendengarkan sederhana untuk pemula. Berlatih memahami kosa kata dasar untuk sekolah, pekerjaan, benda sehari-hari dan banyak lagi.
meningkatkan-mendengarkan bahasa Inggris

TeachThis: Gim ini dirancang untuk ruang kelas bahasa Inggris, tetapi jika Anda memiliki sekelompok teman untuk berlatih bahasa Inggris, Anda dapat mencobanya juga!
meningkatkan-mendengarkan bahasa Inggris

Lab Mendengarkan Cyber ​​ESL dari Randall: Situs ini adalah tambang emas mutlak tes dan kuis mendengarkan bahasa Inggris. Mereka diatur berdasarkan level, dengan sesuatu untuk semua orang mulai dari pemula hingga mahir.
Permainan mendengarkan juga memberi Anda insentif untuk “menang” —Anda akan tetap termotivasi dan ingin terus berlatih mendengarkan Bahasa Inggris.

 

4. Tebak makna dari konteks pembicaraan terlebih dahulu.

Terkadang, kami tidak punya cukup waktu untuk mempelajari bahasa secara keseluruhan sebelum harus pindah ke negara tempat bahasa itu digunakan.
Plus, semakin cepat Anda memulai percakapan bahasa Inggris nyata, semakin baik!

Salah satu cara terbaik untuk memahami bahasa Inggris saat Anda masih belajar bahasa adalah dengan menggunakan petunjuk konteks. Saat melakukan percakapan atau mendengarkan audio bahasa Inggris, cobalah untuk memilih kata-kata kunci yang Anda tahu. Anda dapat menggunakan ini untuk mendapatkan ide dasar tentang apa yang ingin disampaikan seseorang, dan mencari tahu arti kata yang tidak dikenal.
Anda juga dapat memperhatikan nada suara (apakah pembicara senang, bingung, serius atau tertawa?), Bahasa tubuh dan lingkungan Anda. Jika seseorang mencoba berkomunikasi dengan Anda dan menunjuk ke peta, ada kemungkinan besar mereka membutuhkan arahan. Jika Anda membaca rambu lalu lintas merah, rambu itu mungkin berarti “berhenti.”
Bahkan jika Anda tidak tinggal di wilayah berbahasa Inggris, Anda masih dapat menerapkan metode ini untuk meningkatkan keterampilan percakapan Anda. Menonton video FluentU adalah cara terbaik untuk melakukan ini (lebih lanjut tentang FluentU di bawah). Anda juga dapat mencobanya saat mendengarkan podcast bahasa Inggris.

5. Gunakan FluentU untuk berlatih mendengarkan Bahasa Inggris dengan video otentik.

meningkatkan-mendengarkan bahasa Inggris. FluentU adalah alat yang sempurna untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris secara aktif. Anda akan mendengarkan bahasa Inggris sebagaimana penutur asli benar-benar menggunakannya — dan tidak pernah khawatir kehilangan kata.
Video-video di FluentU termasuk trailer film, video musik, pidato yang menginspirasi, laporan berita dan banyak lagi. Tapi FluentU bukan hanya pemutar video. Setiap video dilengkapi dengan subtitle interaktif. Mendengar kata yang tidak Anda mengerti? Cukup klik untuk definisi instan, pelafalan yang jelas dan contoh-contoh berguna.
Fitur “loop” membuatnya mudah untuk memutar ulang segmen yang cepat atau membingungkan hanya dengan mengklik.
Ada juga kuis audio dan tertulis yang menyenangkan untuk memastikan Anda mengingat semua yang Anda pelajari, serta daftar kosa kata dan

transkrip lengkap.
Video diatur dengan mudah ke dalam enam level (pemula hingga mahir) sehingga mudah menemukan yang cocok untuk Anda. FluentU menyarankan video baru berdasarkan apa yang telah Anda pelajari sehingga Anda terus bergerak kefasihan.
Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat mengambil praktik mendengarkan bahasa Inggris yang asyik dan otentik ini ke mana pun Anda pergi dengan aplikasi seluler FluentU untuk iOs dan Android.

 

6. Jangan takut menguping di bus, di tempat kerja, di kedai kopi, dll.

Oke, ini mungkin terlihat agak kasar. Namun, jika Anda tinggal atau bekerja di suatu tempat dengan penutur bahasa Inggris, ini adalah trik yang sangat membantu ketika Anda mencoba untuk secara aktif mendengarkan dan meningkatkan pemahaman bahasa Inggris Anda.
“Menguping” berarti mendengarkan percakapan orang-orang di dekat Anda. Dengan menguping, Anda dapat mencoba dan memilih kata-kata yang telah Anda pelajari atau coba pelajari. Fokus pada makna pembicaraan. Seberapa banyak Anda bisa mengerti? Bisakah Anda menulis ringkasan percakapan?
Perhatikan bagaimana orang mengucapkan sesuatu ketika mereka memiliki emosi yang berbeda. Sesuatu yang mengatakan dalam kemarahan dan sesuatu yang mengatakan secara sepintas (dengan cepat, santai) terdengar sangat berbeda.

 

7. Cobalah berinteraksi dengan berbagai jenis penutur bahasa Inggris.

Ketika kita mengatakan “berbagai jenis” penutur bahasa Inggris, kita berbicara tentang orang selatan, orang kota, orang pedesaan, orang Pantai Barat, orang Skotlandia, orang Inggris, orang Afrika Selatan, dll. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada banyak aksen bahasa Inggris yang berbeda dan cara berbicara!
Untuk benar-benar meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda, Anda tidak boleh hanya berlatih dengan satu jenis bahasa Inggris. Lakukan yang terbaik untuk mengelilingi diri Anda dengan berbagai aksen dan jenis penutur bahasa Inggris. Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mendengarkan kata-kata bahasa Inggris yang dapat diucapkan dengan berbagai cara. Secara realistis, ini mungkin cara terbaik untuk menjadi pendengar bahasa Inggris yang fasih.
Tidak tinggal di tempat dengan banyak penutur bahasa Inggris yang bervariasi? Kami mengerti. Kecuali jika Anda tinggal di kota besar yang sudah penuh dengan penutur bahasa Inggris, ini bisa sulit dilakukan. Sebagai gantinya, cobalah berselancar (mencari, menjelajahi) YouTube untuk video dalam bahasa Inggris dari YouTuber di seluruh dunia.

Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “vlog Australia” atau “Chicago vlog” untuk mengalami aksen yang berbeda.

 

8. Ingatlah bahwa Anda tidak akan mengerti segalanya (bahkan jika Anda pandai berbahasa Inggris!).

Peserta didik dari bahasa apa pun cenderung mendengar kata “fasih” dan memikirkan kemahiran tingkat asli. Ini adalah tujuan yang sulit, yang tentunya dapat menyebabkan kekecewaan.
Secara realistis, bahkan jika Anda bekerja keras dan belajar bahasa Inggris selama bertahun-tahun, Anda tidak akan pernah berhenti belajar. Sepuluh tahun dalam perjalanan bahasa Anda, Anda mungkin harus meminta seseorang untuk memperlambat atau mengulangi apa yang mereka katakan karena Anda tidak mengerti. Ini normal.
Anda bisa menguasai bahasa Inggris dengan sangat baik melalui peningkatan keterampilan mendengarkan Anda, tetapi berikan diri Anda istirahat ketika datang ke kesempurnaan.
Apa pendapat Anda tentang kiat-kiat ini untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan Bahasa Inggris? Dengan sedikit waktu dan banyak latihan, Anda mungkin akan terkejut betapa cepatnya kemampuan Anda untuk memahami bahasa Inggris akan meningkat!

pembahasan : Meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris

Sumber : https://www.fluentu.com/blog/english/improve-english-listening/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *