Cara Mudah Membuat Form Upload dan Kirim Tugas Video di Google Forms

Diposting pada
Ada beberapa keluhan dari teman- teman guru selama pembelajaran daring berlangsung tentang smartphone mereka yang full memory karena terlalu banyak fitur video yang menyesaki memori HP. Kebanyakan dari teman- teman memang memanfaatkan fitur Whatsapp sebagai media penyampai infformasi juga sebagai media untuk saling berkirim tugas siswa ke guru. Sebagian besar tugas- tugas yang dikirim memang bebentuk file video. Kebanyakan juga video itu akan memenuhi ruang memori. Bayangkan saja bila dalam satu kelas terdapat 30 siswa dikali tugas video yang mereka akan kumpulkan. Padahal satu guru tidak hanya mengajar satu kelas saja, bisa lebih dari satu kelas. 
Nah, pada post kali ini saya akan berbagi sebuah tips bagaimana caranya agar ruang memori hp kita tidak penuh akan tugas siswa yaitu dengan membuat form upload tugas untuk siswa. Pada prinsipnya, pembuatan form akan melibatkan Google Form sebagai pembuat tugas dan cloud penyimpanan Google Drive sebagai tempat menyimpan file yang dikirim tersebut.
Oke berikut langkah- langkahnya,
Buka dahulu Google Forms nya,
Kita mulai buat formulir baru. Isikan Judul Form, Buat form isian alamat email, nama, kelas dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan

Pada isian form jawaban yang disediakan,pilihan jawaban, pilih Upload File
Sebelum masuk akan terdapat notifikasi ijin untuk akses responden untuk upload ke pemilik Drive. Pilih lanjutkan.
Setting beberapa penyesuaian dokumen
Setiap file yang diupload oleh siswa maka akan secara otomatis akan masuk ke dalam Google Drive teman- teman. 
Semoga Bermanfaat
Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *