Cara Mudah Membuat Pembelajaran Interaktif dengan Nearpod

Diposting pada
Nearpod adalah sebuah aplikasi webtool pendidikan yang membantu guru untuk membuat pembelajaran interaktif di kelas. Melalui Nearpod, guru dapat memberikan penilaian terhadap siswa secara real-time plus tanggapan dari siswa saat itu juga. Fasilitas lain dari aplikasi ini adalah Nearpod VR yang memungkinkan guru membawa siswa ke mana saja di dunia secara virtual tanpa perangkat keras tambahan. Guru juga dapat pembelajaran digital menggunakan presentasi yang  dibuat atau menggunakan ribuan sumber pembelajaran yang sudah disediakan oleh Nearpod. Selain itu, fasilitas lain yang juga efektif adalah pembuata kuis, poling, impor pembelajaran, papan kolaborasi dan masih banyak lagi.
Terdapat dua prinsip dasar untuk memulai pembelajaran interaktif melalui Nearpod. Pertama, pembelajaran langsung. Pada opsi pertama ini, guru berbagi sesi secara langsung (Live Participation + Zoom , Live Participation dan student paced), lalu siswa memasukkan kode, dan pelajaran disinkronkan ke semua perangkat. Opsi kedua, pilihan Kecepatan Siswa yaitu guru membagikan kode pelajaran yang berisikan materi untuk diselesaikan siswa dalam  waktu dan kemampuan mereka sendiri. Hal ini berguna untuk menciptakan pengalaman mengajar jarak jauh yang lebih fleksibel dan menarik.
Untuk memulai pembelajaran dengan Nearpod, berikut langkah- langkahnya,
Sign Up lebih dahulu ya.. kunjungi nearpod.com . Teman- teman guru bisa menggunakan akun Office 365 atau akun Google. Selesaikan pendaftarannya sampai sukses.
Berikut tampilan dashboard Nearpod saat teman- teman log in untuk pertama kali.
Ada dua bagian utama yaitu My Library dan My Lesson. My Library menampilkan tiga bagian kolaboratif yaitu Spark class Discussion With Collaborate, Gamified Review Quiz, dan Bell Ringer Writing Prompt. 
Baik, saya bahas satu persatu yaa…

My Library
Pertama, 
Spark class Discussion With Collaborate, untuk membuat diskusi kolaborasi antara guru dengan siswa. Dalam hal ini, saya menamai kolaborasi saya dengan nama Lesson 1 lalu klik save bila sudah selesai.
Terdapat tiga opsi dalam Lesson 1, yaitu Live Participation + Zoom (partisipasi langsung + aplikasi Zoom), Live Participation (hanya partisipasi langsung saja), dan student paced.
Baik, saya mulai dengan Live Participation ya..Akan muncul kode yang bisa dibagikan ke siswa. Teman- teman bisa membagikannya juga melalui email, social media, link, Google Classroom, Remind atau Microsoft Teams.
Kemudian, siswa bisa buka di join.nearpod.com
Siswa bisa membuka alamat tersebut melalui pc dekstop atau melalui smartphone. Setelah mereka membuka alamat dan memasukkan kode, mereka juga akan melihat tampilan layar seperti yang ada di hadapan guru. 
Teman- teman bisa menambahkan aktifitas ke dalam layar, misalnya dari konten web, open ended question, draw it, slide dan pertanyaan benar salah.
Kedua,
Gamified Review Quiz. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat kuis untuk siswa. 
Masukkan pertanyaan dan pilihan jawaban pada form yang tersedia. Untuk menambah soal, klik add question. Jangan lupa centang pilihan jawaban yang benar ya.. lalu klik Save
Kuis yang dibuat akan langsung muncul di bagian My Lesson. Pada prinsipnya sama seperti diskusi kolaborasi bagian pertama tadi, teman- teman bisa melakukan aktifitas interaktif seperti Live Participation + Zoom (partisipasi langsung + aplikasi Zoom), Live Participation (hanya partisipasi langsung saja), dan student paced
Selanjutnya bagikan kode Gamified Review Quiz kepada siswa. Siswa bisa membuka alamat lalu masukkan kode nya.
Ketiga,
Bell Ringer Writing Prompt. Fasilitas ini memungkinkan guru mengirimkan pertanyaan dengan jawaban 
Tulis pertanyaan lalu klik save bila sudah selesai.
Seperti halnya kedua fitur diatas, bagikan kode lalu instruksikan siswa untuk membukanya melalui perangkat mereka.
My Lesson
Bagian My Lesson menampilkan fitur dari My Library yang sudah dibuat sebelumnya. selain itu juga memberikan fasilitas untuk membuat pelajaran di Nearpod dengan mengupload Powerpoint yang kita buat. Sebagai tambahan, kita juga bisa mengintegrasikan dengan Google Slide dan video (saat ini dalam tahap beta)
Untuk membuat pembelajaran di Nearpod, klik Lesson in Nearpod
Fasilitas ini memungkinkan kita untuk menambahkan slide berupa file powerpoint, pdf ataupun file gambar. Sebagai contoh saya mengupload file powerpoint. 
Setelah selesai upload, klik preview untuk melihat file tersebut dari sudut pandang siswa.
Simpan lalu isikan detail pelajarannya.
Semua bentuk pembelajaran yang sudah saya buat sebelumnya akan muncul pada menu My Lesson.
Langkah yang sama juga berlaku untuk Lesson in Google Slide dan Video. 
Demikian Cara Mudah Menerapkan Pembelajaran Interaktif dengan Nearpod. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman- teman yang ingin menerapkan pembelajaran interaktif dengan Nearpod. Silahkan bereksplorasi ya karena tutorial diatas hanyalah panduan dasar dalam memanfaatkan Nearpod dalam pembelajaran.
Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah. 
Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *