Google Classroom untuk Guru : Cara Mudah Memberikan Penugasan Siswa di Google Classroom

Diposting pada
Pada awal tahun ajaran baru di masa pandemi seperti saat ini, beberapa wilayah masih menerapkan kelas daring karena zona daerah yang bersangkutan masih belum memungkinkan untuk melaksanakan tatap muka. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan meneruskan pola pembelajaran online atau sistem daring kelas. Dalam hal ini, kita akan menjalankan platform kelas digital seperti Google Classroom. Dalam pengelolaan kelas melalui Google Classroom kita dimungkinkan untuk memberikan materi, penugasan, kuis, bahkan asesmen berbentuk ujian. Kelebihan Google Classroom adalah integrasi menyeluruh terhadap produk Google yang lain seperti Google Drive, Google Meet, YouTube, dan sebagainya. 
Nah, pada tulisan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara untuk memberikan penugasan guru untuk siswa melalui Google Classroom. Seperti kita ketahui bahwa topik ini merupakan salah satu cara me-manage Google Classroom. Baik, kita mulai yaa.. Berikut langkah- langkahnya,
Buka Classroom teman- teman,
Klik pada menu Tugas Kelas

Buat penugasan yang akan diberikan kepada siswa
Berikan Judul, petunjuk, dan lampirkan file. Teman- teman bisa melampirkan file dari Google products (Google Drive, Link, File, YouTube) atau lampirkan dari komputer.
Sebagai contoh saya melampirkan file dari Google Docs. Jangan lupa setting untuk penugasan, seperti peruntukan kuis, poin, tenggat waktu tugas dan topik. Teman- teman juga bisa menambahkan Rubrik ke penugasan. Pada dokumen yang dilampirkan, pilih setting “Siswa dapat mengedit file” ya.. Klik Simpan bila sudah selesai.
Congratulations!!! It’s done… Penugasan sudah muncul di layar beranda tugas kelas Google Classroom.
Penugasan akan langsung dikirim ke email siswa. Lalu Beritahukan notifikasi tugas melalui grup Whatsapp kelas teman- teman.

Kelanjutan dari tutorial ini adalah bagaimana siswa mengumpulkan tugas di Google Classroom. Teman- teman bisa melihat pada artikel berikut ini,

Mudah bukan?
Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *