Materi PAI Kelas 10 Bab 2: Berbusana Muslim dan Muslimah Cermin Kepribadian dan Keindahan

Diposting pada

Materi PAI Kelas 10 Bab 2: Berbusana Muslim dan Muslimah Cermin Kepribadian dan Keindahan

Cara Berbusana Muslim dan Muslimah

Cara berbusana seorang muslim dan muslimah adalah harus menutup auratnya. Menutup aurat adalah kewajiban agama yang ditegaskan dalam al-Qur’an  maupun hadits Rasulullah SAW Aurat seorang muslim adalah dari pusar hingga lutut. Adapun aurat seorang muslimah adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Tujuan Allah Mewajibkan Menutup Aurat

Kewajiban menutup aurat disyari’atkan untuk kepentingan manusia itu sendiri.Hal itu sebagai wujud kasih sayang dan perhatian Allah Swt terhadap kemaslahatan hamba-Nya di muka bumi.

Ayat-ayat Al-Qur’an yang Menjelaskan
Perintah Berbusana Muslim

  • Al-Aĥzāb/33:39. Dalam ayat ini  ditegaskan perintah bagi muslimah untuk menggunakan jilbab yang menutupi seluruh tubuh mereka, dengan tujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap mukminah. Jilbab sendiri adalah sebuah pakaian yang longgar untuk menutupi seluruh tubuh perempuan kecuali muka
    dan kedua telapak tangan.
  • An-Nūr/24:31. Dalam ayat ini, Allah SWT
    berfiman kepada seluruh hamba-Nya yang mukminah agar menutup aurat mereka dengan khimar. Khimar sendiri alah kerudung yang dipanjangkan hingga dada.
    Selain itu Allah memerintahkan kepada setiap mukminah agar menjaga kehormatan diri mereka dengan cara menjaga pandangan, menjaga kemaluan, dan tidak menampakan aurat kecuali kepada: suami, ayah suami, anak laki-laki suami, saudara laki-laki, anak laki saudara laki-laki, anak lelaki saudara perempuan, perempuan mukminah, hamba sahaya, dan pembantu tua yang tidak lagi memiliki hasrat terhadap wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *