Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Diposting pada
 dan Contoh Kalimat Future Continuous Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Continuous Tense – Hi Hi Hi We back again on the tenses learning! Kali ini kami akan membahas tentang penggunaan kalimat Future Continuous Tense, mulai dari pengertian, rumus, dan contoh kalimatnya. Mula-mula mari kita bahas dulu tentang pengertian dari Future Continuous Tense. Jika merujuk ke dalam arti kata, future berarti masa depan dan continuous yang berarti masih berlangsung.

Maka kita bisa simpulkan bahwa Future Continuous Tense merupakan tense yang menyatakan sebuah aktifitas yang sedang berlangsung di masa depan. Biasanya kalimatnya mengandung waktu yang rentangnya diketahui dan lumayan panjang. Mari kita baca penjelasannya lebih lanjutnya di bawah ini.

Rumus Future Continuous Tense
Dalam rumus Future Continuous Tense mengandung dua bagian tenses yang harus dipersatukan yaitu, future yang identik dengan Will + Verb-1, dan continuous yang mempunyai ciri Be + Verb-ing. Maka jika disatukan akan menjadi Will + be + Verb-ing. ‘Will’ adalah syarat dari future, kemudian ‘be’ adalah Verb-1 dari be itu sendiri, dan ‘Verb-ing’ adalah syarat utama dari continuous. Keterangan waktu yang digunakan oleh Future Continuous Tense menunjukkan waktu yang menunjukkan masa depan contohnya seperti, tomorrow, next week, next friday, next time, dan lain sebagainya, dan biasanya juga menggunakan waktu di masa depan yang spesifik seperti mencantumkan kapan waktu tepatnya kejadian itu akan terjadi, misalnya : Yesterday at 2 PM, tomorrow night, dan lain lain. Langsung saja kita lihat rumus dan contoh kalimatnya di bawah ini.
 dan Contoh Kalimat Future Continuous Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Continuous Tense
Fungsi Future Continuous Tense

  • Future Continuous Tense merupakan sebuah rencana aktivitas yang terjadi di masa depan. Jadi, seseorang itu akan sedang melakukan sesuatu di masa depan. Contoh: Next week my brother will be going to camp in mount papandayan.
  • Future Continuous Tense berfungsi untuk memprediksi sebuah aktifitas yang akan terjadi di masa depan. Contoh : The forecast said that today will be raining for whole day.
  • Future Continuous Tense berfungsi untuk membentuk kalimat tanya yang lebih polite atau sopan. Contoh : Will you be coming to my house tomorrow?
  • Future Continuous Tense juga berfungsi untuk menunjukan aktifitas yang masih berlangsung sampai di masa depan nanti. Contoh: I will be still cooking until afternoon.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense

  • I will be visiting your house when I finish my homework at 1 p.m. (Aku akan mengunjungi rumahmu ketika aku menyelesikan pekerjaan rumahku pada jam 1)
  • King Salman and his family will be visiting Bali for a week. (Raja Salman dan keluarganya akan mengunjungi Bali selama seminggu)
  • I will be sleeping until 5 a.m, please don’t wake me up. (Aku akan tidur sampai jam 5. tolong jangan bangunkan aku.)
  • My mother will be working as a labor in the Ultra Milk factory for 2 years. (Ibuku akan bekerja sebagai buruh di pabrik ultra milk selama 2 tahun)
  • Ziggy will be studying English Literature in Cambridge University next year.  (Ziggy will be studying English Literature di universitas cambridge tahun depan)
  • I and my family will be visiting grandma’s house on this saturday. (Aku dan keluargaku akan mengunjungi rumah nenek pada sabtu ini)
  • Isyana will be singing on the stage from 6.30 p.m until 9.00 p.m. (Isyana akan menyanyi di panggung dari jam 6.30 sampai jam 9.00 malam)
  • The students will be going to vacation with all teachers on this weekend. (Para siswa akan pergi liburan dengan semua gurunya minggu ini)
  • My father will be buying a new couch to decorate our new house. (Ayahku akan membeli sofa baru untuk mendekorasi rumah baru kami)
  • My laptop will be still being repaired for 3 days ahead. (Laptopku akan masih di perbaiki selama 3 hari kedepan)
Cukup sekian materi Future Continuous Tense kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa share dan beri komentar pada kolom di bawah ini. Thank you for your attention