Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Diposting pada
 dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense
Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang materi Future Perfect Tense. Jika merujuk ke arti kalimat, future berarti masa depan dan  Perfect adalah sempurna/sudah dilakukan pada waktu tertentu. Maka Future Perfect Tense adalah sebuah tense yang digunakan untuk menunjukan aktifitas yang telah selesai di masa depan. Baca Juga : Materi. Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continous Tense

Mari kita langsung saja simak penjelasannya lebih lanjut.

Rumus Future Perfect Tense

Untuk membuat sebuah kalimat Future Perfect Tense, Kita membutuhkan unsur future dan unsur perfect maka rumusnya akan menjadi S + Will + Have + Verb-3. Rumus itu dibentuk dari Will yang merupakan ciri utama dari future dan Have + Verb-3 yang merupakan ciri utama dari perfect. Keterangan waktu yang digunakan pada Future Perfect Tense ini menunjukkan waktu yang akan datang namun biasanya lebih spesifik seperti in the morning, tomorrow night, friday at 09.00 o’clock, by the end of this year, dan lain sebagainya. Kemudian penggunaan have pada Future Perfect Tense ini tidak terpengaruh oleh subjek kalimatnya, maka jika subjeknya he/she/it tidak akan berubah menjadi has tapi tetap saja have, karena jika sesudah kata will setiap kata kerjanya harus berbentuk infinitive dan bentuk infinitive dari have dan has adalah have. Mari kita simak rumusnya pada table berikut ini.
 dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Fungsi Future Perfect Tense

  • Future Perfect Tense digunakan untuk emnyatakan aktifitas yang akan terjadi di masa depan dan pada satu waktu tertentu akan selesai juga di masa depan. Contoh: My husband will have come back from London by the end of the year.
  • Future Perfect Tense juga berfungsi untuk menyatakan sebuah aktifitas telah selesai dilakukan sebelum aktifitas lain terjadi. Contoh : I will have finished my project before the time is over.

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

  • We will have been married on this end of the year (Kami akan sudah menikah di akhir tahun ini)
  • The pizza delivery will have been arrived here for 30 minutes. (Pengantaran pizza akan sudah smpai disini 30 menit lagi)
  • I will have been cleaned my bedroom when I finish my homework. (Aku akan telah membersihkan kamarku ketika aku menyelesaikan pekerjaan rumahku)
  • My brother will have been finished the game for this two days (Kakakku akan telah menyelesaikan game ini untuk dua hari)
  • My dad will have been read newspaper in the morning (Ayahku akan telah membaca koran di pagi hari)
  • I will not have been ate those pizza alone tonight (Aku akan sudah memakan pizza itu sendirian malam ini)
  • My uncle will have been harvested the apple trees on 3 months ahead (Pamanku akan sudah memanen pohon apel pada 3 bulan kedepan)
  • Your laptop will have been fixed tomorrow morning (Laptopmu akan sudah diperbaiki besok pagi)
  • I will have been slept tomorrow, because it’s weekend. (Aku akan sudah tidur besok, karena itu hari libur)
  • I will not have been went to the party because my car is being fixed. (Aku tidak akan sudah pergi ke pesta karena mobilku sedang diperbaiki)
Baiklah cukup sekian materi Future Perfect Tense kali ini semoga dapat membantu kalian dalam mempelajari tenses atau juga menjadi referensi mengajar bapak dan ibu guru semua. Terimakasaih sudah membaca, jangan lupa untuk share dan berikan komentar pada kolom di bawah ini. See you later
Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat