Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Diposting pada
 dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense – Di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Past Continuous Tense. Sesuai dengan judulnya, Past Continuous Tense adalah sebuah tense yang menunjukkan aktifitas yang sedang berlangsung di masa lalu. Tense ini hampir sama dengan Present Continuous Tense hanya waktunya saja yang berbeda, jika Present Continuous Tense menunjukkan aktivitas yang sedang berlangsung di masa kini, sementara

Past Continuous Tense ini adalah tense yang menunjukkan aktivitas yang berlangsung di masa lampau. Ada baiknya untuk mempelajari Present Continuous tense terlebih dahulu supaya tidak pusing melanjutkan materi pada Past Continuous Tense ini.

Rumus Past Continuous Tense

Rumus Past Continuous Tense ini terdiri dari dua unsur yaitu Past dan Continuous. Maka rumus Past Continuous Tense adalah S + was / were + V-ing. Yang merupakan syarat utama dari past adalah dengan menggunakan verb 2 yaitu ada pada was / were, sementara ciri khas yang dipunyai oleh continuous adalah Verb-Ing. Jika kalian menemukan kata continuous dimanapun itu tenses-nya berarti dia menggunakan Verb-ing karena sifatnya yang masih berlangsung. Berikut adalah rumus dari Past Continuous Tense:
 dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense
Fungsi Past Continuous Tense

 

  • Past Continuous Tense berguna untuk menyatakan suatu aktivitas yang terjadi di masa lalu. Contoh: I was crying when you left me alone yesterday (Aku menangis saat kau meninggalkanku sendirian kemarin)
  • Fungsi dari Past Continuous Tense juga adalah untuk menunjukkan ada aktivitas yang terjadi (Simple past tense) bersamaan dengan aktivitas yang lebih panjang durasinya sedang terjadi. Contoh : My sister was studying when someone knocked the door (Saudara perempuanku sedang belajar ketika seseorang mengetuk pintu)
  • Past Continuous Tense digunakan untuk menyatakan kebiasaan dari seseorang yang diulangi beberapa kali. Contoh: You was always bullying her no matter what (Kau selalu mem-buli dia tak peduli apapun)

Contoh Kalimat Past Continuous Tense

  • I was crying when you came last night (Aku menangis saat kau datang malam kemarin)
  • I was listening to the music when you knocked at my door (Aku sedang mendengarkan musik ketika kau mengetuk pintuku)
  • That man was smoking when he carried the baby (Orang itu sedang merokok ketika dia menggendong bayi)
  • We were playing football when the sun goes down (Kami sedang bermain bola ketika matahari terbenam)
  • I was going to the party when my parents didn’t home (Aku pergi ke pesta ketika orang tuaku sedang tidak ada di rumah)
  • My mother was listening to Alan Walkers’ songs when she cooked foods (Ibuku sedang mendengarkan lagu-lagu Alan Walker ketika dia memasak)
  • Sammy was eating pizza when his friends came (Sammy sedang makan pizza ketika teman-temannya datang)
  • My wife was not cooking breakfast when i wake up (Istriku tidak memasak ketika aku bangun tidur)
  • The music was not playing when the singer starts singing (Musik tidak berputar ketika penyanyi mulai bernyanyi)
  • The audience was listening to the explanation while the lecturer gave his explanation (Penonton sedang mendengarkan penjelasan ketika dosen menjelaskan paparannya)
  • They were seeing the accident of cars on the road yesterday (Mereka melihat kecelakaan mobil di jalan kemarin)
Baiklah, cukup sekian materi Past Continuous Tense kali ini. Semoga dapat membantu pembelajaran kalian semua. Terima kasih atas perhatiannya jangan lupa tambahkan komentar pada kolom di bawah dan share artikel inike sosial mediamu. Thank you, see you next time fellas
Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat