Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Diposting pada
 dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense –  Kali ini kita akan membahas tentang Present Perfect Tense. Jika merujuk pada kata ‘Present’ berarti sekarang dan ‘Perfect’ yang berarti sempurna. Maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa Present Perfect Tense adalah suatu tense yang digunakan untuk menggambarkan suatu aktivitas yang telah dilakukan pada saat ini. Disebut Perfect karena aktivitas itu telah terjadi atau sudah diselesaikan secara sempurna pada saat ini (present).

Maka Present Perfect Tense memakai have/has yang artinya ‘sudah’. Hati-hati, disini arti dari have/has adalah ‘sudah’ bukan ‘memiliki’, karena have yang artinya memiliki akan diikuti oleh noun/kata benda bukan verb/kata kerja..

Rumus Present Perfect Tense

Present perfect tense dibentuk oleh auxiliary verb (have/has) dan verb 3 sebagai kata kerja. Have digunakan untuk I, You, They, We. Sedangkan Has adalah untuk He, She, It, atau orang ketiga tunggal. Sehingga rumusnya adalah Subject + Have/Has + Verb 3.
Berikut ini adalah rumus positif, negatif, dan interogatif dari present perfect tense:
 dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Fungsi Present Perfect Tense

  • Present perfect tense berfungsi untuk menunjukkan suatu aktifitas yang baru saja selesai, maka efek dari pekerjaan tersebut masih dapat kita rasakan sampai saat ini. Biasanya ditambahkan kata just sebelum have/has Contoh: My father just has come back from london.
  • Present perfect tense digunakan untuk menunjukkan suatu aktifitas yang pernah dilakukan di masa lalu namun waktu dari aktifitas tersebut tidak jelas diketahui. Contoh: I have read the novel, but i forgot the story.
  • Present perfect tense juga berguna ntuk menggambarkan suatu pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang. Contoh: I have called him so many times

Contoh Kalimat Present Perfect Tense

  • My daughter cries because she has fallen from her bicycle. (Anak perempuanku menangis karena dia sudah jatuh dari sepedanya)
  • The rain has not stopped, when I was on the way to the office. (Hujannya tidak berhenti saat aku masih dijalan mau ke kantor)
  • I have told you to not come near my girlfriend. (Aku sudah memberitahumu untuk jangan mendekati pacarku)
  • I came late to the meeting, because I have not read your message, (Aku datang terlambat ke pertemuan karena aku tidak membaca pesanmu)
  • The thief has gone before the girl realized her wallet was robbed. (Pencuri sudah pergi sebelum gadis itu menyadari dompetnya dicuri)
  • Oh my God, I have not turn the lights off. (Ya tuhan, aku lupa mematikan lampu)
  • The earth climate has changed because of global warming. (Iklim bumi sudah berubah karena global warming)
  • Don’t walk on the floor, it has just been mopped. (Jangan berjalan di lantai, itu sudah di pel)
  • My grand father has just gone away due to diabetes. (Kakekku baru saja meninggal karena penyakit diabetes)
  • Mr. Basuki has been elected as a governor of Jakarta. (Bapak Basuki sudah terpilih sebagai gubernur jakarta)
  • I have been gone to Lombok for two times. (Aku sudah pergi ke Lombok dua kali)
Sekian penjelasan Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense kali ini. Semoga sekarang kalian dapat memahami Kalimat Present Perfect Tense. Jangan lupa tinggalkan komentar dan share ke sosial media kalian ya, karena berbagi itu indah! Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya dan tetaplah rajin belajar yaaaa. see you next time