Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense

Diposting pada
 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang materi Simple Past Tense Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang materi Simple Past Tense. Jika merujuk ke dalam arti kata ‘Past itu sendiri mempunyai arti lampau. Maka Simple Past Tense adalah sebuah tense yang menunjukkan sebuah aktivitas yang sudah terjadi di masa lalu. Simple Past Tense hampir sama dengan Simple Present Tense, namun waktunya saja yang berbeda. Jika Simple Present Tense menunjukkan aktivitas di masa kini, sedangkan Simple Past Tense menjelaskan sebuah pekerjaan/aktivitas yang sudah terjadi di masa lalu. Maka sebelum menginjak ke materi Simple Past Tense ini kalian sebaiknya sudah bisa menggunakan kalimat Simple Present Tense.

Rumus Simple Past Tense
Simple Past Tense menggunakan verb 2 sebagai kata kerjanya. Maka rumusnya adalah: S + Verb 2. Simple Past Tense ini sangatlah sederhana karena hanya ingin menjelaskan saja kejadian atau aktivitas yang terjadi di masa lalu. Untuk kalimat nominal Simple Past Tense, ‘to be’ harus diubah menjadi verb-2 yakni menjadi was / were. Simple Past Tense menggunakan keterangan waktu yang menunjukkan kejadian tersebut terjadi di masa lalu dengan adanya kata yesterday (kemarin), last week (minggu lalu), last night (kemarin malam), last friday (jumat lalu), a year ago (setahun yang lalu), dan lain lain. Berikut ini adalah rumus dari Simple Past Tense.
Jika kalian bertanya tanya kenapa pada bagian negative dan interogative, Verb-nya memakai Verb 1, bukan Verb 2? Itu karena Verb 2 nya sudah diwakili oleh kata DID, jadi Verb-nya kembali bentuk awal ke Verb 1.
Fungsi Simple Past Tense
  1. Simple Past Tense berfungsi untuk menunjukkan aktifitas yang terjadi di masa lalu. Contoh: I ate the pudding on the fridge last night.
  2. Simple Past Tense digunakan dalam conditional sentence type 2. Contoh : I would go with you to the date  if my mom wasn’t sick.
  3. Simple Past Tense digunakan ketika ada kejadian yang terjadi bersamaan di masa lalu. Contoh : I was listening to my sister when she played the violin
  4. Simple Past Tense juga berfungsi untuk menunjukkan aktivitas di masa lalu setelah aktivitas yang lainnya selesai dilakukan atau kejadian yang bersifat kronologis. Contoh : She had finished her lunch before the bell rang
Contoh Kalimat Simple Past Tense 
  • I brought you flowers when you was in hospital two days ago (Aku membawakanmu bunga ketika kamu di rumah sakit dua hari yang lalu)
  • The thief walked through the window to steal your phone (Pencuri berjalan melewati jendela untuk mencuri ponselmu)
  • The plane landed an hour ago (Pesawatnya mendarat satu jam yang lalu)
  • My mother went to London a month ago with my father (Ibuku pergi ke London sebulan yang lalu)
  • I already finished read the novel (Aku sudah selesai membaca buku)
  • The glass dropped to the floor when i was mistakenly touching it (Gelasnya jatuh ke lantai ketika aku tidak sengaja menyentuhnya)
  • I fed my cat in the morning, now he is sleeping (Aku memberi makan kucingku pagi ini, sekarang dia sedang tidur)
  • My sister ate all the pudding on the fridge last night (Saudara perempuanku memakan semua puding yang ada di dalam kulkas malam tadi)
  • I didn’t take the scholarship to go abroad because i have no money to stay there (Aku tidak mengambil beasiswa ke luar negeri karena aku tidak punya uang untuk diam disana)
  • I was so sleepy when i came to the office (Aku sangat mengantuk ketika aku datang ke kantor)
  • The weather was so good to play sand on the beach yesterday(Cuacanya sangat bagus untuk bermain pasir di pantai kemarin)
  • My boyfriend didn’t see me when i was sick. (Pacarku tidak menjengukku ketika aku sakit)
  • I didn’t hear my phone ringing, so i don’t know there was a meeting. (Aku tidak mendengar ponselku berdering, jadi aku tidak tahu tadi ada pertemuan)
Cukup sekian Materi, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Simple Past Tense. Semoga dapat membantu teman – teman semua dalam belajar. Jangan lupa untuk belajar lebih rajin lagi untuk mencapai kesuksesan yang kalian inginkan. Thank you for your attention and see you next time.
Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat