Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Menarik dan Menyenangkan

Diposting pada
Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Menarik dan Menyenangkan – Tidak ada orang yang bodoh dalam proses pembelajaran, saya sendiri sangat percaya itu. Semuanya tergantung dengan kemauan seseorang untuk belajar, selama ada kemauan siapa saja akan jago dan menjadi jawara. Begitu pula dalam bahasa inggris, terlihat rumit dan susah namun sebenarnya bisa diatasi dengan kemauan belajar yang tinggi.

Dan menurut saya, salah satu cara untuk meningkatkan kemauan belajar adalah dengan memilih metode belajar yang menarik dan menyenangkan. Ini saya alami sendiri, pernah saya drop dari belajar bahasa inggris karena metode belajar yang membosankan dan monoton. Namun setelah 6 bulan, saya menemukan metode yang sangat cocok, dan mulailah kembali bersemangat belajar bahasa inggris.

Metode memang sangat berpengaruh dalam kesuksesan proses belajar mengajar. Baik kalian seorang pengajar atau secara otodidak mau belajar bahasa inggris, maka mulailah mencari metode terbaik untuk proses belajar tersebut.

Nah, ada beberapa metode belajar bahasa inggris yang menurut saya sangat menarik dan menyenangkan. Mau tahu? Coba simak ulasannya di bawah ini:

Sebelumnya, baca juga: Materi belajar bahasa inggris yang pokok dan wajib dipelajari.

Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Menarik dan Menyenangkan Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Menarik dan Menyenangkan

Belajar Dari Film dan Video
Ini adalah cara yang paling menyenangkan yang bisa kalian lakukan untuk belajar bahasa inggris. Kalian bisa menggunakan media Film atau video yang berbahasa inggris tentunya. Memang, jika pemula akan kesulitan, tapi cara ini menurut saya akan sangat efektif untuk level menengah dan lanjutan.

Kalian bisa mencari video apa saja yang berbahasa inggris, untuk awalan ada baiknya video atau film yang ada subtitle bahasa inggrisnya juga, jadi kalian bisa mendengar pengucapan dan tulisannya sekaligus. Jika sudah mulai terbiasa, maka bisa dilanjut dengan video yang tidak ada subtitlenya.

Dimana bisa menemuka video atau film berbahasa dan bersubtitle bahasa inggris? Kalau saya, sering nonton di Iflix, di sana banyak film berbahasa inggris dan disediakan pilihan subtitle english juga. Kalian pun bisa menggunakan Iflix, bisa free dan berbayar. Hanya saja kalau free terbatas film yang bisa kalian tonton, saran saya jadilah member VIP.

Baca: Cara menjadi member VIP Iflix gratis.

Belajar Menggunakan Animasi
Metode ini sebenarnya lebih banyak digunakan untuk pembelajaran anak-anak, tapi kalian juga bisa menggunakannya. Animasi bisa berupa video atau gambar, bisa kalian dapatkan secara gratis di Youtube. Dengan menggunakan animasi ini, materi yang disampaikan akan lebih mudah diingat dan tentunya dipahami.

Selain bisa mencari di Youtube, kalian juga bisa mencari di web-web yang menyediakannya, kebetulan saya belum bisa menyediakan media animasi, doakan saja besok saya bisa membuatnya.

Advertisement

Mengadakan Kuis/game Berhadiah
Metode ini sangat cocok digunakan jika kalian adalah pengajar, saya kira metode ini akan sangat efektif untuk segala umur. Ada banyak kuis atau game yang bisa kalian lakukan untuk mengasah dan membangkitkan kemauan belajar para siswa kalian, misalnya main sambung kata, permainan ABCD, dan lain sebagainya. Untuk permainan tersebut, sebenarnya tidak berlu berhadiah karena tanpa hadiahpun sudah akan sangat menyenangkan.

Tapi, cobalah menggunakan hadiah ketika ada tugas, kuis di kelas, atau yang bersifat membosankan. Dengan adanya hadiah, diharapkan dapat merangsang kemauan siswa. Hadiah tidak perlu mewah dan mahal, cukup yang sederhanaseperti coklat, roti, buku tulis, bolpoin, dan lain-lain. Terlihat sederhana memang, tapi cobalah itu akan membuat siswa termotivasi.

Membuat Blog, Lalu Isi Dengan Artikel Bahasa Inggris
Ini adalah salah satu metode terfavorit saya, kebetulan saya hobi sekali menulis di blog, dan dulu kebetulan juga saya sangat ingin menguasai bahasa inggris. Lalu kepikiran deh, kenapa tidak menulis tentang materi bahasa inggris saja? Bisa menyalurkan hobi dan bisa mengingat serta memahami kembali materi yang sudah saya pelajari, dan terciptalah blog jelek dan sederhana ini.

Ini sangat patut kalian coba, cobalah membuat blog, tidak harus tentang pembelajaran bahasa inggris seperti blog ini, bisa tentang curhat, wisata, dunia kerja, atau tema lainnya, tapi harus dengan bahasa inggris. Dengan begitu, selain insting menulis kalian terasah, bahasa inggris kalian pun juga terasah. Jika belum siap, mulai dulu dengan posting menggunakan bahasa inggris di status wa, instagram, facebook atau media sosial lainnya.

Praktek Langsung Dengan Komunitas
Saya menyadari, tidak semua orang bisa melakukan metode belajar bahasa inggris yang satu ini, ada yang karena pemalu, ada juga karena tidak memiliki akses komunitas. Metode ini memang lebih cocok digunakan bagi yang memiliki kePDan tinggi dan suka ngobrol dengan orang lain. Tapi yang pasti, metode ini sangatlah efektif.

Sebenarnya tidak harus komunitas, bisa juga jika kalian punya teman atau saudara yang sudah mahir menggunakan bahasa inggris, maka bisa berkomunikasi dengan mereka. Tidak perlu malu untuk salah, namanya saja belajar maka sangatlah wajar jika salah, yang penting kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut.

Belajar Di Tempat Favorit
Metode ini jika tidak disertai dengan kemauan yang tinggi justru akan menjadi pedang bermata dua. Namanya saja tempat favorit, mungkin kalian akan tergoda dengan kegiatan lainnya, seperti malah mengantuk, main game, atau justru ngobrol sana sini dengan teman. Tapi, jika kalian menang dengan melawan keinginan lain, ini bisa sangat baik. Jika kalian suka dengan alam liar, cobalah tempat yang alami, sejuk, dan berpohon-pohon, ketenangan akan datang dan bisa meningkatkan kualitas belajar kalian, cobalah!

Selanjutnya: Kenapa belajar bahasa inggris itu sulit?
—-
Oke ya kawan-kawan, itulah beberapa metode belajar bahasa inggris yang asyik, menarik, dan menyenangkan. Semoga salah satu atau semua metode di atas bisa kalian terapkan dan efektif meningkatkan pemahaman kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sejahtera.

Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat