Peluang Kerja Lulusan S1 Sastra Inggris, Jangan Diremehin!

Diposting pada

Peluang Kerja Lulusan S1 Sastra Inggris, Jangan Diremehin!

– Apa disini ada mahasiswa Sastra Inggris? Pasti sering, atau setidaknya pernah ditanya mau jadi apa kedepannya? Memang ya, belum banyak orang yang tahu akan potensi jurusan ini, atau bahkan sering dikesampingkan. Padahal, peluang kerja Sastra Inggris bagus banget lho.

Bagi kalian yang sudah mengambil jurusan ini dan masih ragu, atau kalian anak SMA yang sedang bingung menentukan jurusan kuliahnya. Sebaiknya kalian baca sampai akhir tulisan saya ini, saya akan memberi tahu bahwa jurusan Sastra Inggris tidak kalah dengan jurusan lain.

Oke, apa sajakah peluang kerja lulusan S1 Sastra Inggris? Simak berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Apa bedanya jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris?

 Apa disini ada mahasiswa Sastra Inggris Peluang Kerja Lulusan S1 Sastra Inggris, Jangan Diremehin!

Pegawai Departemen Luar Negeri

Dalam jurusan sastra inggris, materi yang diajarkan bukan hanya tentang bahasa inggris saja tapi juga studi tentang budaya negara lain, termasuk mempelajari politiknya dan banyak aspek dari negara yang dipelajari. Negara yang sering diajarkan adalah amerika dan inggris. Sulit menjelaskan kenapa sastra inggris juga mempelajari semacam itu, tapi yang jelas tujuannya adalah menciptakan SDM unggul yang mampu berkomunikasi bahasa inggris dan menerapkan keilmuannya untuk memahami negara yang dipelajari.

Nah, dari kemampuan itulah lulusan sastra inggris sangat berpeluang untuk bekerja di bawah naungan Departemen Luar Negeri, syukur-syukur nantinya bisa menjadi Dubes, kan keren!

Selain di Deplu, tidak menutup kemungkinan instansi pemerintah lain juga membutuhkan karena kebutuhan akan komunikasi sangat luas. Sebagai contoh, untuk memahami hukum internasional yang sudah pasti banyak menggunakan bahasa inggris, tidak selalu cukup dengan kemampuan bahasa inggris yang didapat dari kursus saja, tapi perlu ilmu lebih tinggi untuk mendalami perbedaan kata, esensi fungsi kata, dan hal rumit lain, karena di dunia hukum salah dalam memaknai sebuah kata atau kalimat bisa berakibat fatal.

Sebagai Penulis

Mata kuliah sastra inggris ternyata juga mempelajari penulisannya, baik untuk media maupun karya-karya sastra. Ini sangat cocok untuk kalian yang hobinya menulis. Terutama di perusahaan media, kegiatan tulis menulis tentu sangat dibutuhkan, misalnya saja portal berita nasional di mana operasi utamanya adalah menyajikan tulisan. Belum di media TV, ada banyak peluang di sana, mulai dari penulis naskah, tim kreatif, dan lain-lain. Jika kamu beruntung, kamu bisa memiliki karir yang bagus, misalnya saja jadi editor, tim redaksi, atau bahka produser project.

Selain itu, menulis buku juga sangat mengasyikkan jika kalian menyukainya. Menjadi penulis buku atau semacamnya merupakan profesi yang tak lekang waktu, kapanpun dan usia berapapun kalian masih bisa berkreasi.

Advertisement

Dan yang paling dahsyat menurut pengalaman saya sebagai seorang blogger, kalian bisa juga menulis di blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan menjadikan profesi utama. Dengan menulis artikel berbahasa inggris dan menargetkan pembaca luar negeri, potensi pendapatan kalian akan berkali-kali lipat.

Baca: Cara mendapatkan uang dari blog, mudah dan gratis.

Menjadi Dosen dan Akademisi

Untuk lulusan S1 sastra inggris mungkin akan sedikit sulit untuk menjadi pengajar karena tidak ada jalur khusus seperti pada jurusan pendidikan. Tapi jika kalian suka dengan proses belajar mengajar dan ingin menjadi seorang pengajar, kalian bisa menjadi dosen. Untuk menjadi seorang dosen tentu syaratnya sedikit lebih berat, minimal kalian harus lulus S2 terlebih dahulu.

Menjadi dosen sama halnya dengan menjadi guru, walau banyak yang bilang gajinya lebih gede. Tapi apapun itu, menjadi dosen sangat bagus. Selain kegiatan proses belajar mengajar, kalian berpotensi untuk menjabat struktural Universitas, bisa menjadi kepala unit, kepala prodi, ketua fakultas, rektor, dan sebagainya. Kalau dari sisi gaji, tentu kalian akan mendapatkan gaji double, mantap kan?

Penerjemah Handal

Menjadi penerjemah jangan kalian samakan dengan penerjemah freelance yang bertebaran di internet ya. Yang aku maksudkan di sini merupakan penerjemah yang lebih handal dari sekedar menerjemahkan artikel. Saya tidak mengatakan freelance penerjemah tidak handal, cuma di sini objek yang diterjemahkan cukup berbeda jauh tingkat kesulitannya. Apakah itu?

Seperti yang sudah saya singgung di atas mengenai menerjemahkan hukum, banyak hal spesifik yang perlu dipastikan ketepatannya. Selain berkaitan hukum, lebih asyik lagi jika kalian mampu menerjemahkan buku seperti novel atau buku pelajaran.

Nah, penerjemahan seperti itu yang tidak bisa dilakukan oleh orang yang hanya bisa berbahasa inggris saja. Menerjemahkan novel misalnya, seorang penulis jelas tidak mau novelnya diterjemahkan sembarangan orang, risikonya bisa mengaburkan makna dari cerita sebenarnya yang dimaksud oleh penulis. Apalagi buku pelajaran, hmmmn… risikonya besar.

Balance Sheet yang artinya Neraca atau Laporan Posisi Keuangan bisa saja diartikan sebagai “kertas keseimbangan” oleh orang yang hanya bisa berbahasa inggris tanpa keilmuan yang mendasarinya.

Bisa Jadi Apa Saja Di Perusahaan

Banyak posisi jabatan di suatu perusahaan yang membutuhkan kemampuan bahasa inggris tingkat lanjut, baik swasta maupun milik pemerintah. Sebut saja profesi sebagai seorang asisten di mana kemampuan menulis dan berbicara salah satu syarat utamanya. Apalagi di perusahaan yang sudah go internasional , saya jamin kemampuan berbahasa inggris kalian akan sangat dibutuhkan.

Contoh lain adalah menjadi juru bicara, sangat mungkin juga kalian menjalani profesi tersebut. Belum lagi, kan sering pula perusahaan membuka lowongan dengan syarat semua jurusan, jadi peluang kerja kalian masih terbuka lebar.

Jadi Wirausaha

Selama kalian berani dan mau berkreasi, seorang lulusan sastra inggris juga bisa menjadi pengusaha lho. Bisnis apa saja yang bisa dilakukan? Contohnya, bisnis kursus bahasa inggris, bisnis penerjemah, atau bahkan bisnis tour agency.

Yang paling sesuai kalau menurut saya ya bisnis kursus bahasa inggris, selain benar-benar sesuai dengan latar belakang pendidikan, peluangnya juga terbuka lebar. Bayangkan saja, saat ini mulai dari anak SD hingga pekerja membutuhkan kemampuan bahasa inggris, dan banyak yang berusaha untuk meningkatkannya. Kalian bisa menargetkan beberapa target, misalnya anak SD, SMP, atau SMA, atau bahkan anak kuliahan dan pekerja. Kalian bisa mulai kecil-kecilan dulu tidak masalah, sembari menyusun kurikulum pembelajaran yang lebih matang.

Bisnis penerjemah juga cukup terbuka lebar, banyak pemilik blog yang membutuhkan artikel bahasa inggris. Belum lagi para anak kuliahan yang sering juga membutuhkan jasa untuk menerjemahkan skripsi mereka. Kalian bisa memulai bisnis ini dengan mencari pekerjaan di situs kerja online seperti projects.co.id, sribulancer.com, dan lain-lain. Kalau sudah berkembang, kalian bisa membuka web sendiri untuk melayani penerjemahan.

Selanjutnya: Peluang kerja lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris.
—-
Oke ya teman-teman, itulah beberapa peluang kerja lulusan S1 Sastra Inggris, tentu tidak semuanya tapi ulasan di atas bisa untuk gambaran betapa luasnya peluang lulusan jurusan ini. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat