Pengertian dan Contoh Compound Noun

Diposting pada

Pengertian dan Contoh Compound Noun – Saya yakin kalian sebenarnya sudah sering sekali menggunakan compound noun ini, hanya saja mungkin kalian tidak menyadarinya. Pada dasarnya, compound nouns sering sekali digunakan dalam komunikasi bahasa inggris, ini bukanlah hal baru dan sangat umum, sehingga ini cukup penting untuk kalian pelajari.

Beberapa compound noun juga cukup mirip dengan noun phrase dari segi strukturnya, tapi memiliki maksud yang sangat jauh berbeda, ini penting kalian garisbawahi agar kalian tau apa bedanya. Dalam artikel kali ini, cara membedakannya tersebut juga akan saya ulas. Tapi mari kita ulas satu persatu terlebih dahulu, kita mulai dari pengertiannya, berikut ini ulasannya:

Sebelumnya, baca juga: Pengertian dan contoh Compound Subject.

 Saya yakin kalian sebenarnya sudah sering sekali menggunakan compound noun ini Pengertian dan Contoh Compound Noun

Pengertian Compound Noun
Pada dasarnya yang dimaksud dengan compound noun adalah suatu noun (kata benda) yang terdiri dari dua atau lebih kata. Di sini, dua atau lebih kata tersebut merupakan kombinasi, bisa noun + noun, atau bisa juga noun + part of speech lainnya. Perlu kamu tau, hasil dari kombinasi tersebut dapat menciptakan makna yang benar-benar baru, walau terkadang beberapa kata ada yang sedikit memiliki keterkaitan dari noun asalnya.

Contoh compound nouns:

  • Waterfall
  • Software
  • On time
  • Newspaper
  • Check-in

Nah, itu beberapa contoh compound noun (dibawah masih ada banyak contoh lagi), kombinasinya bisa antara noun + noun atau noun + lainnya, penulisannya jug bisa disambung, dipisah, dan bisa juga disambung dengan tanda baca (-).

Penulisan Compound Noun

Tipe penulisan Keterangan Contoh
Oped Kombinasi yang dipisah menjadi dua kata. Selain dikenal sebagai oped, biasa disebut juga dengan istilah Spaced. Human rights, swimming pool, grey matter.
Solid Kombinasi yang digabung menjadi satu kata. Selain dikenal dengan istilah solid, biasa juga disebut dengan istilah Closed. Outlook, bedroom, sunrise.
Hyphenated Compound noun yang disambung dengan tanda baca berupa (-). Six-pack, mother-in-law, baby-sitter.

Kombinasi Compound Noun
Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa compound noun ini tidak hanya bisa dikombinasikan antara noun + noun saya, tapi juga bisa antara noun + part of speech lainnya. Berikut daftar kombinasi dari compound noun:

Kombinasi Compound Noun Contoh
Noun + noun Saucepan, bus stop, fire-fly, football.
Noun + verb Haircut, train-spotting, milkshake, rainfall.
Noun + adjective Truckful, snow white.
Noun + prepositional Phrase Passer-by, hanger on, daughter-in-law.
Verb + noun Breakfast, washing machine, dance floor.
Adjective + noun Hardware, full moon, highway, whiteboard.
Preposition + noun Underworld, in house, offline, Influx.
Advertisement


Bedanya Compound Noun Dengan Noun Phrase
Agar lebih mudah dalam membandingkan, silahkan baca materi noun phrase dulu: Materi noun phrase.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya pula bahwa compound noun ini kadang sulit dibedakan dengan noun phrase. Sebelumnya, saya jelaskan dulu kenapa compound noun dan noun phrase ini kadang sukar dibedakan. Coba lihat kembali tabel kombinasi compound noun di atas, salah satunya adalah adjective + noun, dan seperti yang kamu tau pula bahwa untuk membentuk noun phrase juga menggunakan adjective + noun. Jadi adjective + noun ini bisa menjadi compound noun dan bisa pula menjadi noun phrase.

Kalau kamu tanya apa bedanya, jawabannya sangat sederhana, yaitu terletak pada penekanan dalam pengucapan. Kalau compound noun, hanya kata pertama (adjectivenya) yang diberi penekanan/nada tinggi, dan kata keduanya diucapkan biasa saja. Sedangkan pada noun phrase, keduanya diucapkan dengan penekanan.

Sebagai contoh, kata Hardware, ketika ada orang yang mengucapkan kata hardware dengan penekanan seperti ini: HARDware, maka yang dimaksud oleh orang tersebut adalah compound noun. Tapi, kalau penekanannya seperti ini: HARDWARE, bisa dipastikan yang dimaksud adalah noun phrase. Contoh lain, SOFTWARE = noun phrase, SOFTware = compound noun. *Huruf kapital nada tinggi.

Lebih Banyak Contoh Compound Nouns

Toothpaste Witchcraft Board of Members
Roadshow Seaman Court-martial
Break water Wall-paper Manservant
Twenty-year-old Fish tank Cooking-oil
Upper class Shotgun School year
Tennis shoe Housework Homeroom
Bath tub Eyelid Human rights
Movie stars Sunglasses Fundraiser
Snowboarding Walkie-talkie Housewife
Lawsuit Basketball Cat food
Playgroup Car park Shopkeeper
Website Blackberry Grandstand
Greenhouse Small talk Fall-guy
Go-kart Runway Sheepdog
Windscreen Fire-fighter Bottle opener
New Year’s Day Prime Minister Police officer
Carwash Cross-road Cookbook
Jump rope Hotdog On-looker
Downtime Mind-set Rollback
Needlepoint Slingshot Sleeping bag
Wet nurse First aid

Selanjutnya: Materi Determiner.
—-
Nah, itulah ulasan tentang pengertian compound noun dan contohnya, sudah jelas ya? Kalau belum silahkan ditanyakan lewat kotak komentar di bawah. Saya harap ulasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya biar banyak yang terbantu pula, thanks.