Penggunaan Kamus Bahasa Inggris digital

Diposting pada
Zaman now, kita hidup di dunia digital yang serba mudah dan cepat. Jika dulu kita hanya mengenal kamus/dictionary manual berupa buku yang tebal, sekarang ini kita dapat memanfaatkan HP Android sebagai kamus. Kita dapat menginstal aplikasi kamus ini di HP android kita. Sebelum menginstal aplikasi tersebut, sebelumnya kita dapat mendowload atau mengunduhnya di Appstore yang disediakan oleh Google Play.
Kelebihan aplikasi Kamus Bahasa Inggris digital(English Digital Dictionary) ini adalah selain media ini praktis dan ringan, aplikasi ini juga lebih cepat dalam mencari arti suatu kata dalam Bahasa Inggris. Kita cukup mengetikkan kata yang dicari kemudian disitu akan muncul arti kata tersebut beserta kategorinya seperti kata benda, kata kerja, kata keterangan dan sebagainya. Kita dapat mengubah format penerjemahan dari English to Indonesia juga dari Indonesia to English. Sebagai contoh ketika kita ingin mencari padanan kata Bahasa Indonesia dalam Bahasa Inggris, maka kita dapat menyeting penerjemahan Indonesia to English(Dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris) dan sebaliknya. Selain kelebihan di atas, dengan kamus digital ini kita dapat belajar cara melafalkan suatu kata/kalimat dengan benar dengan fitur suara/speaker yang ada pada kamus digital tersebut.
Bahasa Inggris SMP, Kamus Digital
English Digital Dictionary: Kamusku
Jika sebelumnya HP tidak dianjurkan di dalam kelas, maka sekarang ini HP diperbolehkan untuk dimanfaatkan sebagai kamus digital yang memudahkan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas dengan catatan siswa tidak boleh menyalahgunakan HP untuk browsing, buka facebook atau You Tube namun hanya dimanfaatkan sebagai kamus saja.
Pengalaman saya mengajar di kelas penggunaan media HP Android ini sebagai kamus digital dapat membantu para siswa di kelas. Selain praktis, cepat dan mudah juga murah, siswa tidak harus membeli kamus Bahasa Inggris yang besar, tebal dan mahal. Siswa juga lebih cepat menemukan suatu arti kata dengan kamus digital daripada menggunakan kamus manual.
Kesimpulannya, Guru Bahasa Inggris disarankan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung pembelajaran Bahasa Inggris di kelas dengan menggunakan kamus digital yang lebih praktis, cepat, murah, efisien, dan, menarik tentunya dengan fitur suara untuk melafalkan kata dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *