Perbedaan Good Evening dan Good Night Disertai Contoh Kalimatnya

Diposting pada

Perbedaan Good Evening dan Good Night Disertai Contoh Kalimatnya

– Kedua sapaan tersebut kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia sama-sama memiliki arti Selamat Malam, kalian cari artinya di kamus dan aplikasi penerjemah pun artinya akan tetap sama. Lantas adakah perbedaannya?

Yap ada, bahkan kedua sapaan tersebut tidak bisa untuk saling menggantikan, artinya perbedaanya sangat jauh. Jadi kalau kalian salah menggunakannya ya akan salah dimengerti oleh lawan bicara, dan perlu digarisbawahi bahwa perbedaannya bukan terletak pada waktu karena sama-sama digunakan pada malam hari, namanya aja sapaan selamat malam kok.

Lalu apa perbedaanya? Silahkan simak penjelasannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Perbedaan All Right dan Alright.

 Perbedaan Good Evening dan Good Night Disertai Contoh Kalimatnya Perbedaan Good Evening dan Good Night Disertai Contoh Kalimatnya

Letak Perbedaan Good Evening dan Good Night

Letak perbedaan kedua kata sapaan tersebut ada pada fungsinya, kalau kalian muslim maka maknanya seperti assalamu’alaikum dan wassalamu’alaikum, jadi fungsinya untuk mengawali atau mengakhiri pembicaraan atau pertemuan. Good evening, memiliki fungsi untuk mengawali sedangkan good night untuk mengakhirinya.

Misalnya kalian pada malam hari bertemu dengan atasan karena ada acara rapat, maka cocoknya kalian gunakan good evening untuk mengucapkan salam karena nanti dalam rapat masih akan berbicara dan saling bertemu. Sebaliknya, ketika kalian mau pulang atau mau mengakhiri rapat, cocok menggunakan good night.

Jika semisal saja kalian terbalik menggunakan kedua sapaan tersebut, bisa jadi atasan kalian akan tersinggung. Bagaimana bisa mengucapkan good night ketika baru aja ketemu di rapat, itu menandakan kalian tidak mau bicara lagi atau tidak mau melihat atasan di dalam rapat. Tapi menggunakan good night ini cocok jika ada orang yang kalian benci seperti mantan atau teman yang makan kekasih kalian, hehehe.

Kunci Penggunaan Good Evening dan Good Night

Kunci dari good evening adalah mengawali atau memulai, jadi apapun situasinya jika itu merupakan awalan dan kalian perlu mengucapkan selamat malam, maka gunakan good evening. Berikut beberapa contoh situasi dan pengucapan selamat malam yang bisa menggunakan good evening:

  • Bertemu seseorang dimanapun dan dalam acara apapun
  • Melakukan presentasi atau jadi pembicara dalam acara apapun
  • Berpidato dalam acara apapun
  • Menjadi MC dalam acara apapun
  • Pembicaraan lewat telepon
  • Melakukan siaran pers seperti di TV atau Radio
  • Menyambut pelanggan
  • Etc…
Advertisement

Nah, kebalikan dari good evening, kunci dari penggunaan good night adalah untuk mengakhiri, contoh situasinya juga kebalikan dari good evening di atas. Sebagai tambahan, good night juga bisa berarti selamat tidur ya, jadi kalau kalian mau mengucapkan selamat tidur kepada kekasih bisa menggunakan sapaan ini.

Kepada Siapa Kita Menggunakannya

Kedua sapaan tersebut sangat formal, jadi mungkin akan terkesan kaku kalau digunakan kepada teman dekat atau sahabat atau orang yang sudah akrab, khususnya untuk good evening. Masih mending kalau pakai good night (ketika mengakhiri) untuk teman dekat dan sahabat, walapun masih ada banyak kata lain yang lebih cocok yang bisa kalian gunakan seperti see you, Later!, atau lainnya.

Baca: Cara lain mengucapkan goodbye.

Lalu kepada siapa tepatnya kita menggunakan good evening dan good night? Karena formal, yang juga berarti untuk menunjukkan rasa menghormati maka kedua sapaan tersebut sangat cocok digunakan kepada atasan, guru atau dosen, pejabat, tokoh masyarakat, orang terpandang, pelanggan, dan kepada orang-orang lain yang kalian hormati.

Persamaan Good Evening dan Good Night

  • Memiliki arti selamat malam
  • Digunakan pada malam hari sekitar pukul 18.00 sampai 23.59
  • Lebih cocok digunakan dalam situasi formal

Contoh Kalimat Good Evening dan Good Night

Agar lebih mantap, berikut beberapa contoh kalimat penggunaan good evening dan good night:

Contoh KalimatArti
Good Evening:
Good evening, ladies and gentlemen. Welcome to the Theatre Royal.Selamat malam, bapak-bapak dan ibu-ibu. Selamat datang di Theatre Royal.
Good evening, Samsung Electronic Call Center. May I help you?Selamat malam, dengan Call Center Samsung Electronic. Ada yang bisa saya bantu?
Good evening, I’m Agung, now in the National Broadcast center in Bali, Indonesia.Selamat malam, saya Agung, sekarang berada di National Broadcast Center di Bali, Indonesia.
Good evening everyone. Tonight, I will introduce how to operate SPSS.Selamat malam semuanya. Malam ini saya akan memperkenalkan bagaimana mengoperasikan SPSS.
Good evening, do you have a reservation?Selamat malam, apakah Anda punya (sudah) reservasi?
Good evening, Mrs. Dian. How are you?Selamat malam nyonya Dian. Bagaimana kabar anda?
Good Night:
Good night, Dian. See you tomorrow.Selamat malam, Dian. Sampai jumpa besok.
Good night, dad. I’m going to bed.Selamat malam, Ayah. Aku mau tidur.
Now, I shall go to sleep. Good night.Sekarang aku akan tidur. Selamat malam.
Good luck with all your work. Good night.Semoga beruntung dengan semua kerjamu. Selamat malam.
All the best for you, ladies and gentlemen. Good night.Yang terbaik (semoga beruntung) untuk Anda, nyonya dan tuan. Selamat malam.
Thank you for the time. Good night.Terimakasih atas waktunya. Selamat malam.

Selanjutnya: Perbedaan penggunaan Shop dan Store.
—-
Oke ya kawan-kawan, itulah penjelasan tentang perbedaan good evening dan good night dalam bahasa inggris yang disertai contoh kalimatnya juga. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah pemahaman kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa kembali.

Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat