Perbedaan Jurusan Pendidikan Dan Sastra Bahasa Inggris, Jangan Sampai Salah

Diposting pada
Perbedaan Jurusan Pendidikan Dan Sastra Bahasa Inggris, Jangan Sampai Salah – Antara pendidikan bahasa inggris dan sastra bahasa inggris memang sukar dibedakan, orang awam kadang kesulitan dalam membedakannya, dan yang sedang bingung mau ambil jurusan kuliah pun tambah bingung untuk memilih salah satu dari kedua jurusan tersebut.

Sebenarnya saya juga orang awam, latar belakang saya akuntansi bukan bahasa inggris, tapi karena sejak dulu sangat familiar dengan bahasa inggris dan banyak teman-teman saya berasal dari jurusan english, maka sedikit demi sedikit saya paham perbedaan  antara kedua jurusan tersebut.

Nah, apa saja sih bedanya pendidikan dan sastra bahasa inggris itu? Ada banyak ya aspeknya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebelumnya, baca juga: Peluang kerja lulusan S1 pendidikan bahasa inggris.

Perbedaan Jurusan Pendidikan Dan Sastra Bahasa Inggris Perbedaan Jurusan Pendidikan Dan Sastra Bahasa Inggris, Jangan Sampai Salah

Mata Kuliah Yang Dipelajari
Dilihat dari mata kuliah yang dipelajarinya, antara pendidikan dan sastra bahasa inggris sudah tentu sama-sama mempelajari materi bahasa inggris pada umumnya, seperti grammar, structure, vocab, listening, reading, speaking, dan writing. Selain itu, keduanya biasa ada tambahan mata kuliah umum seperti pendidikan agama, bahasa indonesia, PKN, kewirausahaan, KKN dan tambahan lain tergantung Universitasnya. Nah, yang membedakan adalah pada mata kuliah pokoknya.

Pada jurusan pendidikan bahasa inggris, mata kuliah yang dipelajari adalah materi tentang keguruan seperti kurikulum pembelajaran, bimbingan dan konseling, media pembelajaran, telaah kurikulum, perencanaan pembelajaran, manajemen dan pengelolaan pendidikan, serta materi lain yang bersifat keguruan. Bahasa inggris kok mata kuliahnya begini? Memang iya, kenyataannya juga begitu. Tapi, jangan kaget jika nanti buku-buku, komunikasi di kelas, dan media belajarnya menggunakan bahasa inggris.

Sedangkan jurusan sastra inggris, lebih mempelajari kesusasteraan dan linguistik seperti keliterasian, pragmatik, semantik, drama, puisi, discourse, functional grammar, dan sejenisnya.

Dari materi yang dipelajari saja sudah cukup kelihatan ya perbedaannya. Yang jelas, setelah lulus para sarjana baik pendidikan maupun sastra diharapkan akan mampu berbahasa inggris dengan amat lancar, lucu juga kan kalau sarjana bahasa inggris kok tidak bisa bahasa inggris.

Tujuan Dari Adanya Jurusan
Pembeda kedua adalah tujuan diselenggarakan dua jurusan tersebut. Tentunya ada alasan kenapa pendidikan dan sastra harus dipisah. Kalau jurusan pendidikan bahasa inggris, tujuan utamanya adalah menciptakan sarjana yang mampu menjadi pengajar handal dalam bidang bahasa inggris. Intinya, tujuan dari jurusan ini adalah menciptakan guru bahasa inggris yang handal.

Advertisement

Sedangkan jurusan sastra inggris, tujuannya adalah menciptakan sarjana yang menguasai estetika sastra lisan maupun tulisan bahasa inggris. Intinya menguasai seluk beluk bahasa dalam bahasa inggris. Jadi kalau saya boleh menilai, jurusan sastra inggris lebih komplek dalam mempelajari bahasa inggris. Bukan meremehkan pendidikan bahasa inggris, tapi pendidikan lebih komplek ke keguruannya, semuanya memiliki kekompleksitasannya sendiri-sendiri.

Bingung? Enggak ya, jadi kalau diibaratkan itu seperti mobil, dimana jurusan pendidikan bahasa inggris adalah pelatih stir mobil yang tugasnya melatih bagaimana mengendarai mobil tersebut. Sedangkan sastra inggris, selain harus bisa menyetir mobil, juga harus mampu mengetahui seluk beluk mobil tersebut, merawat mesin, merangkai mesin, membuat mesin, perawatan, dan lain sebagainya.

Gelar Lulusan Pendidikan dan Sastra Bahasa Inggris
Perbedaan selanjutnya adalah terletak pada gelar ketika lulus nanti. Jika lulusan pendidikan bahasa inggris, setelah lulus sarjana nanti akan mendapatkan gelar S.Pd atau sarjana pendidikan. Kenapa gak ada “bahasa inggrisnya” pada gelar? enggak ya gelarnya memang secara umum seperti itu karena pendidikan bahasa inggris berada di fakultas pendidikan (atau fakultas bahasa dan sastra).

Sedangkan sastra inggris, setelah lulus sarjana nantinya mendapat gelar S.S atau sarjana sastra jika jurusan sastra inggris tersebut berada di fakultas Bahasa dan Sastra. Dan jika jurusan sastra inggris berada di fakultas ilmu budaya, setelah lulus sarjana nantinya mendapat gelar S.Hum atau sarjana humaniora. Entah itu berada di fakultas bahasa dan sastra atau fakultas ilmu budaya, semuanya tergantung dengan universitasnya ya.

Jika penamaan gelar tersebut sangat penting untuk kalian, maka pilihlah universitas yang akan memberikan gelar sesuai keinginan kalian, perhatikan di fakultas apa sastra inggris berada. Dari segi mata kuliah yang diajarkan, secara umum tidak akan ada perbedaan. Jikapun ada mungkin hanya akan ada tambahan mata kuliah yang mencerminkan fakultasnya.

Prospek Kerja Setelah Lulus
Selanjutnya jika dilihat dari prospek kerja ketika lulus nanti, saya kira keduanya memiliki peluang yang bagus. Cuman bedanya, seperti tujuan adanya pemisah antara kedua jurusan tersebut, pendidikan bahasa inggris lebih terbuka untuk menjadi seorang pendidik, bisa menjadi guru, dosen, atau pengajar kursus, atau bahkan bisa menjadi memiliki kursus bahasa inggris jika kalian minat dengan wirausaha.

Sedangkan untuk sastra inggris lebih dibutuhkan untuk perusahaan dan juga kantor pemerintahan, contoh profesinya seperti menjadi diplomat, pegawai kemenlu, reporter, HRD, writer, translator, dan masih banyak lagi.

Kalau saya amati, di dunia kerja lulusan bahasa inggris (pendidikan maupun sastra) yang dibutuhkan selain menjadi guru, lebih dominan adalah lulusan sastra inggris ketimbang pendidikan bahasa inggris. Walaupun begitu, lulusan pendidikan juga tidak selalu menjadi guru, bisa saja mendaftar pada lowongan pekerjaan yang persyaratannya adalah semua jurusan.

Semuanya kembali kepada kalian, apa yang kalian cita-citakan? Jika diawal kalian bercita-cita menjadi guru, dosen, atau pengajar, maka jurusan yang tepat adalah jurusan pendidikan bahasa inggris. Tapi, jika kalian bercita-cita bekerja di kementerian, lembaga, badan, atau perkantoran, saya rasa lebih banyak dibutuhkan sarjana lulusan sastra ketimbang pendidikan.

Selanjutnya: Ini alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional nomor 1.
—-
Oke ya, itulah beberapa perbedaan jurusan pendidikan dan sastra bahasa inggris. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan membantu kalian memutuskan jurusan terbaik bagi kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.