Perbedaan Penggunaan Affect dan Effect Dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Perbedaan Penggunaan Affect dan Effect Dalam Bahasa Inggris

– Kedua kata ini tidak hanya mirip dari hurufnya saja, maknanya juga sangat mirip. Jika kalian gemar mempelajari kosakata bahasa inggris, pasti tahu kalau kemiripan kata affect dan effect ini hanyalah salah satu dari sekian banyak confusing word yang ada.

Tapi jangan khawatir, semua perbedaan tersebut bisa kalian pelajari dengan mudah. Nah, kali ini kita akan mempelajari perbedaan penggunaan affect dan effect, dan akan saya sertai pula beberapa contoh kalimat penggunaan yang bisa kalian pelajari. Langsung saja, berikut ini penjelasannya:

Sebelumnya, baca juga: Perbedaan penggunaan kata sick, ill, hurt, pain, dan ache.

 Perbedaan Penggunaan Affect dan Effect Dalam Bahasa Inggris Perbedaan Penggunaan Affect dan Effect Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Affect dan Effect

Dari artinya, affect dan effect sama-sama bisa diartikan sebagai “mempengaruhi, berpengaruh, dampak, menyebabkan, atau pengaruh”. Tapi dari sisi fungsi atau makna, kedua kata tersebut bisa dibedakan. Jika affect lebih banyak digunakan sebagai kata kerja (verb) yang bermakna memberikan sebuah akibat, sedangkan effect lebih sering dipakai untuk kata benda (noun) yang bermakna hasil atau kejadian yang disebabkan oleh sesuatu. Misalnya seperti ini:

1. Ketidakstabilan mental siswa mempengaruhi hasil buruk ujian siswa di Sekolah.
2. Hasil ujian yang buruk siswa adalah akibat dari ketidakstabilan mental siswa.

Dari kedua kalimat di atas, mana yang pakai affect dan mana yang pakai effect? Cluenya, jika subjek memberikan pengaruh, maka pakai affect. Sebaliknya, jika subjek merupakan akibat atau hasil dari objek maka pakai effect.

Jadi mana yang pakai effect dan affect? Yap betul, kalimat 1 menggunakan affect, dan kalimat kedua pakai effect. Oh iya, sementara contoh kalimat yang saya berikan pakai bahasa Indonesia dulu ya, biar kamu mudah mencernanya. Di bawah nanti contoh kalimat akan pakai bahasa inggris yang disertai arti kalimatnya.

Yang Jarang Digunakan

Seperti kebalikannya di atas, dimana affect lebih sering sebagai kata kerja dan effect kata benda. Secara tidak biasa atau sangat jarang digunakan, affect bisa digunakan sebagai kata benda dan effect pun bisa digunakan sebagai kata kerja. Tapi ingat, penggunaannya jarang ditemukan di kehidupan sehari-hari, biasanya dipakai secara formal yang formal banget, alias terlalu kaku. Selain itu, biasanya juga digunakan pada bidang medikal/kedokteran atau psikologi.

Effect sebagai verb, penggunaannya biasanya diikuti oleh kata change atau solutions, dan maknanya itu semacam “melalukan perubahan”. Misalnya seperti ini: The protesters wanted to effect change in the corrupt government (Para pengunjuk rasa ingin melakukan perubahan dalam pemerintahan yang korup).

Affect sebagai noun, biasanya digunakan untuk menunjukkan perasaan, emosional, atau respon emosional tertentu. Misalnya seperti ini: The patient had a flat affect throughout the therapy session (Pasien memiliki perasaan (ekspresi) datar selama sesi terapi).

Advertisement

Contoh Kalimat Penggunaan Kata Affect

Contoh Kalimat Arti
Climate and weather affect every aspect of our lives. Iklim dan cuaca mempengaruhi setiap aspek kehidupan kita.
An unhappy home environment can affect a child’s behaviour. Lingkungan rumah yang tidak bahagia dapat mempengaruhi perilaku anak.
The new law will affect us all, directly or indirectly. Undang-undang yang baru akan mempengaruhi kita semuanya, langsung atau tidak langsung.
Your opinion will not affect my decision. Pendapatmu tidak akan mempengaruhi keputusanku.
How will these changes affect us? Bagaimana perubahan-perubahan ini akan mempengaruhi kiita?
Stress and tiredness affect your powers of concentration. Stres dan kelelahan mempengaruhi kekuatan konsentrasi kamu.
The young man’s facial expressions had a flat affect. Ekspresi wajah pemuda itu datar.
The woman took the news oh her husband’s death with little affect. Wanita itu menerima kabar kematian suaminya dengan (mimik wajah) sedikit sedih.
The patient displayed an unusual affect when questioned. Pasien menunjukkan respon/reaksi yang tidak biasa ketika ditanyai.
His flat affect after the tragedy disturbed his family. Reaksi/ekspresi (sedih/shock) setelah kejadian itu mengganggu keluarganya.

Contoh Kalimat Penggunaan Kata Effect

Contoh Kalimat Arti
The crisis had a negative effect on trade. Krisis berdampak negatif pada perdagangan.
Move the cursor until you get the effect you want. Pindahkan kursor hingga seperti yang kamu inginkan.
The beneficial effects of exercise are well documented. Efek menguntungkan dari olahraga didokumentasikan dengan baik.
Over time, the effect of loud music can damage your hearing. Seiring waktu, dampak dari musik yang keras dapat merusak pendengaran kamu.
The effects of the medicine were wearing off. Efek obatnya mulai hilang.
Your advice will have no effect on them. Nasihatmu tidak akan berpengaruh pada mereka.
The storm had a serious effect on the economy. Badai itu berdampak serius pada perekonomian.
The prime minister effected many policy changes. Perdana Menteri melakukan banyak perubahan kebijakan.
The new policies did little to effect change. Kebijakan baru tidak banyak berpengaruh pada perubahan.
Growth in the economy can only be effected by stringent economic controls. Pertumbuhan ekonomi hanya dapat dipengaruhi/dihasilkan oleh kontrol ekonomi yang ketat.

Gimana, sudah paham’kan? Kalau masih bingung, ulangi baca sekali lagi ya! Jika masih bingung juga, ajukan pertanyaan lewat komentar di bawah!

Selanjutnya:
1. Perbedaan kata over dan above
2. Perbedaan problem dan trouble.
—-
Oke teman-teman, itulah perbedaan penggunaan affect dan effect dalam bahasa inggris. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah pemahaman kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa kembali.