Perbedaan Penggunaan WHOEVER dan WHOMEVER Dalam Bahasa Inggris

Diposting pada
Perbedaan Penggunaan WHOEVER dan WHOMEVER Dalam Bahasa Inggris – Dua kata yaitu whoever dan whomever ini penggunaannya terbilang cukup membingungkan, juga sedikit sukar dibedakan jika tidak mengetahui inti dari cara penggunaannya.

Whoever dan whomever sama-sama memiliki makna “siapapun” dalam bahasa Indonesia, juga sama-sama sebagai pronoun (kata ganti). Ketika kalian ingin berkata “kamu bebas mengundang siapapun” dalam bahasa inggris, kata whoever atau whomever yang akan kalian gunakan untuk mewakili kata “siapapun” di atas?

Persamaannya cukup jelas, namun perbedaan penggunaannya cukup sukar diketahui, benar? Oke jangan khawatir, bermula dari kebingungan inilah kalian nantinya akan menaikkan level kemampuan bahasa inggris. Nah, untuk memahami perbedaan penggunaan whoever dan whomever ini, silahkan simak baik-baik penjelasannya di bawah ini:

Sebelumnya, baca juga: Perbedaan penggunaan Him, His, Her.

Perbedaan Penggunaan WHOEVER dan WHOMEVER Dalam Bahasa Inggris Perbedaan Penggunaan WHOEVER dan WHOMEVER Dalam Bahasa Inggris

Subject dan Object Pronoun
Hal mendasar yang perlu kalian pahami terlebih dahulu adalah bahwa whoever merupakan subject pronoun yang artinya kata ganti sebagai subjek, sedangkan whomever adalah kebalikannya yaitu sebagai object pronoun yang artinya kata ganti sebagai objek.

Hal di atas sama halnya dengan penggunaan I, he, she, they, dan we sebagai subjek, serta me, him, her, them, dan us sebagai objek.

I/he/she/we/they = Whoever
Me/him/her/us/them = Whomever

Melihat persamaan tersebut, jika kalian akan mengatakan “kamu bebas mengundang siapapun” seperti yang saya tanyakan di atas, kira-kira kalian akan menggunakan whoever atau whomever? Cara jawabnya sangat mudah, gunakan persamaan di atas!

Pertama, kalian artikan ke dalam bahasa inggris dulu kalimat tersebut dan gantilah “siapapun” menjadi I/he/she/we/they atau Me/him/her/us/them. Yang benar tentu diganti menjadi object pronoun karena kata “siapapun” merupakan objek. Jadi seperti ini:

You’re free to Invite them
Bukan
You’re free to invite they

Jadi, penggunaan whoever atau whomever dalam kalimat tersebut, yang benar adalah menggunakan whomever. Jadi seperti ini:

You’re free to invite whomever
Bukan
You’re free to invite whoever

Cara Penggunaan Whoever dan Whomever
Oke, di atas adalah pemahaman dasar bagaimana penggunaan whoever dan whomever dalam bahasa inggris. Dalam kenyataannya, penggunaan whoever dan whomever tidak selalu semudah contoh di atas. Sekarang perhatikan kalimat di bawah ini dan tentukan apakah menggunakan whoever atau whomever:

  1. Budi talks about his job with whoever/whomever will listen.
  2. Dian will work on the project with whoever/whomever you suggest.
  3. Whoever/whomever wins the lottery will become a millionaire.
  4. Whoever/whomever you elect will serve a four-year term.

Penggunaan whoever dan whomever yang tepat pada kalimat di atas adalah sebagai berikut:

  1. Budi talks about his job with whoever will listen.
  2. Dian will work on the project with whomever you suggest.
  3. Whoever wins the lottery will become a millionaire.
  4. Whomever you elect will serve a four-year term.
Advertisement

Gimana, kalian betul menjawab semuanya? Jika kalian betul semua maka kalian sudah hebat, tidak perlu membaca penjelasan dari saya lagi. Tapi jika kalian menjawab betul tanpa dasar, atau masih ada yang salah, atau bahkan salah semua, kalian perlu lanjut membaca penjelasan dari saya. Berikut penjelasannya:

Cara jawabnya sederhana saja, masih menggunakan subjek dan objek seperti sebelumnya. Hanya saja, di sini kalian butuh lebih banyak imajinasi. Pertama, jika whoever atau whomever harus digunakan di tengah kalimat, maka jadikan dua dulu kalimat tersebut, 1 sebelum whoever/whomever dan 1 lagi setelahnya. Buat kalimat dari potongan tersebut dengan objek atau subjek yang memungkinkan.

Rumusnya seperti ini, jika kalimat 1 pakai objek dan kalimat 2 menggunakan subjek maka yang benar adalah menggunakan whoever. Dan jika kalimat 1 pakai objek dan kalimat 2 juga pakai objek, maka menggunakan whomever. Singkatnya, objek + subjek = whoever, dan objek + objek = whomever.

Misalnya, pada contoh kalimat di atas:

Budi talks about his job with whoever/whomever will listen.
Kalimat 1: Budi talks about his job with him (objek)
Kalimat 2: He will listen (subjek)

Dian will work on the project with whoever/whomever you suggest.
Kalimat 1: Dian will work on the project with them (objek)
Kalimat 2: You suggest us (objek)

Oke, jelas ya? Pokoknya buat kalimat 1 dan 2 menggunakan objek atau subjek yang memungkinkan bisa menjadi kalimat yang baik dan benar. Mainkan imajinasimu, mau pakai i/he/she/we/they atau me/her/him/us/them itu terserah kamu.

Nah, itu kalau whoever/whomever di tengah, kalau di depan gimana? Prinsipnya sama, buat kalimat yang memungkinkan pakai subjek atau objek, hanya saja kalian cuma perlu buat satu kalimat, jika subjek maka pakai whoever dan jika objek pakai whomever. Contohnya:

Whoever/whomever wins the lottery will become a millionaire.
Kalimat yang memungkinkan: I win the lottery (subjek)

Whoever/whomever you elect will serve a four-year term.
Kalimat yang mungkin: You elect him (objek)

Penggunaan Secara Informal
Nah, di atas adalah penggunaan whoever dan whomever dalam bahasa inggris dimana penggunaannya secara formal, artinya sudah sesuai grammar yang baik dan benar. Walaupun, sering juga whoever digunakan untuk menggantikan penggunaan whomever. Ini bisa dilakukan dan sering terjadi, tapi penggunaannya tidak formal alias informal, hanya cocok digunakan untuk komunikasi sehari-hari dengan teman atau kerabat. Tidak cocok jika digunakan untuk karya ilmiah, surat menyurat, dan aktivitas formal lainnya.

Lebih Banyak Contoh Kalimat

  1. Agung donates his time to whoever needs it most.
  2. Give the information to whoever request it.
  3. Whoever is in charge over there?
  4. I will speak to whoever answers the phone.
  5. I am happy with whoever wins.
  6. Whoever they are, I like their confidence.
  7. I will hire whomever I can find.
  8. Please invite whomever you choose.
  9. Whomever Dian marries is none of our business.
  10. I am eager to work with whomever Agung selects as my partner.
  11. I will be glad to meet whomever Budi introduces me to.

Selanjutnya:
Contoh soal Whoever dan Whomever.
– Perbedaan penggunaan Over dan Above.
—-
Oke ya kawan-kawan, itulah penjelasan dari saya terkait perbedaan penggunaan whoever dan whomever. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.