Review Busuu – Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android

Diposting pada
Apa aplikasi belajar bahasa inggris terbaik di Android saat ini? Jika kamu sedang mencarinya, saya rekomendasikan aplikasi bernama Busuu.

Busuu adalah aplikasi android untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa inggris. Saya sudah mencobanya, dan menurutku aplikasi ini cukup baik.

Dengan aplikasi Busuu, proses belajar bahasa inggris menjadi lebih mudah, hanya perlu download dan install aplikasi di PlayStore.

Nah, bagi kalian yang mau tahu lebih lanjut seperti apa Busuu ini, berikut ini sudah saya tuliskan reviewnya:

Sebelumnya, baca juga:
Tahapan belajar bahasa inggris secara madiri di rumah.
Metode belajar bahasa inggris yang menarik dan menyenangkan.

 Apa aplikasi belajar bahasa inggris terbaik di Android saat ini Review Busuu – Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android

A. Review Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android

Ada beberapa alasan kenapa saya menilai Busuu sebagai aplikasi belajar bahasa inggris terbaik di Android. Alasan tersebut meliputi:

1. Materi Belajar Disusun Berdasarkan Tingkatan

Setelah install aplikasi Busuu lalu membukanya, selain daftar kamu juga akan diarahkan untuk merencanakan tujuan belajar bahasa inggris.

Maksudnya untuk apa kamu belajar? Pilihan ini cukup baik karena disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kamu pilih Belajar Bahasa Lengkap, semua materi akan disediakan mulai dari dasar hingga tingkat lanjut.

Sebelum memulainya, kamu juga bisa memilih tingkatan berdasarkan materi apa saja yang sudah kamu kuasai. Pemilihan tingkatan ini dilakukan dengan melakukan tes di dalam aplikasi.

Tingkatan akan disesuaikan dengan kemampuan kalian, jadi kamu bisa menghemat waktu untuk tidak mempelajari materi yang sudah dikuasai.

Oh iya, pilihan tujuan belajar bahasa inggris tersebut bisa diganti lagi jika kamu pengen ya, jadi cukup flexible juga.

Saran saya sih, untuk permulaan pilih dulu program Belajar Bahasa Lengkap, biar kamu memahami seluk beluk dari bahasa inggris terlebih dahulu.

Baru nanti jika program tersebut selesai, kamu bisa memilih tujuan program lainnya. Walaupun menyelesaikan program tersebut akan memakan cukup waktu, tidak masalah karena belajar itu menyenangkan..

2. Media Belajar Yang Interaktif

Alasan kedua kenapa Busuu menurutku merupakan aplikasi belajar bahasa inggris terbaik di Android adalah karena media yang digunakan cukup interaktif.

Karena interaktif, proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Saya jamin deh, kamu akan betah belajar bahasa inggris dengan Busuu.

Materinya selalu dilengkapi dengan gambar, ketika mempelajari kosakata juga selalu disertai suara jadi kalianpun bisa melatih pendengaran.

Ketika ada soal, kamu juga akan dinilai speakingnya, Busuu akan mengidentifikasi apakah pelafalanmu benar atau salah.

Selain itu, untuk beberapa program disediakan pula media video untuk semakin mengasah kemampuan bahasa inggris kalian. Pokoknya asyik banget deh belajar bersama Busuu ini.

Media-media interaktif Busuu ini bisa dibilang sangat lengkap, disesuaikan dengan semua materi, baik speaking, listening, dan bahkan writing.

Advertisement

3. Selalu Mengevaluasi Perkembangan Siswa

Ketika kamu selesai mempelajari suatu materi, di akhir materi akan selalu ada beberapa soal untuk dikerjakan. Ini fungsinya untuk mengukur seberapa jauh pemahaman kalian.

Selain soal di akhir materi, juga akan ada latihan atau tes di setiap akhir tahapan, baik tahapan dasar, menengah, atau tingkat lanjut.

Tidak selesai sampai disitu, yang membuat Busuu menjadi aplikasi belajar bahasa inggris terbaik di android adalah tersedianya perencanaan belajar.

Perencanaan tersebut meliputi pengaturan jadwal belajar, pengingat, dan bahkan estimasi kapan kamu akan menyelesaikan pembelajaran dilihat dari jadwal yang kamu buat sebelumnya.

Fitur ini bermanfaat banget, kamu bisa mengira-ira sendiri kapan harus menyelesaikan pembelajaran berdasarkan tujuan, jika dirasa terlalu lama bisa mengatur ulang jadwal dengan menambah jam belajar.

4. Aplikasi Ringan, Cepat, dan Mudah Dinavigasi

3 kelebihan Busuu di atas, didukung dengan keandalan aplikasi yang tidak menyebalkan. Yes, aplikasi sangat ringan, cepat, mudah navigasinya, dan enak dipakai.

Dengan ukuran aplikasi yang hanya sekitar 40 MB, Busuu tidak memberatkan Smartphone ketika dibuka, bahkan untuk yang low-end devices.

Dengan tampilan sederhana namun elegan, clean, dan interaktif, Busuu sangat enak dipakai. Jadi kamu tidak akan bosan dan jengkel ketika bernavigasi.

5. Dapat Berinteraksi Dengan Pengguna Lain

Selain belajar dari materi yang disediakan Busuu, kamu juga bisa belajar berkomunikasi bahasa inggris dengan pengguna lain.

Di aplikasi Busuu, ada fitur pertemanan, jadi kamu bisa berteman dengan orang yang juga belajar bahasa inggris. Disini kamu bisa ngobrol apapun, belajar berkomunikasi langsung, dan sebagainya.

Jika kamu ingin berteman dengan tujuan meningkatkan kemampuan bahasa inggris, pastikan add teman yang juga belajar bahasa yang sama karena Busuu tidak hanya aplikasi belajar bahasa inggris saja.

Tidak ada salahnya menggunakan fitur ini, sebaiknya kamu coba. Siapa tahu kalian yang masih jomblo justru dapat jodoh di sini!

6. Belajar Bahasa Lain Dalam 1 Aplikasi

Nah, seperti yang sudah saya sebutkan berkali-kali di atas, Busuu tidak sekedar aplikasi belajar bahasa inggris di Android, tapi ada banyak bahasa lainnya.

Bahasa yang tersedia dalam Busuu adalah sebagai berikut:

  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Prancis
  • Bahasa Jerman
  • Bahasa Italia
  • Bahasa Portugis
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Polandia
  • Bahasa Turki
  • Bahasa Rusia
  • Bahasa Arab

Jadi total ada 12 bahasa yang bisa kamu pelajari, mantap’kan? Tidak perlu download aplikasi lain, cukup 1 aplikasi saja buat belajar 12 bahasa.

Advertisement

B. Kelemahan Aplikasi Busuu

Tidak ada yang sempurna, walaupun saya pribadi menganggap kalau Busuu sebagai aplikasi terbaik belajar bahasa inggris di android, saya juga mengakui beberapa kekurangannya.

Ada beberapa kekurangan yang saya rasakan ketika menggunakan Busuu, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Butuh Koneksi Internet

Walaupun penggunaan datanya tidak besar, tapi tetap saja akan lebih baik kalau tidak memerlukan koneksi internet.

Bagi kalian yang sinyal di daerahnya selalu bagus, mungkin tidak begitu masalah. Tapi untuk yang berada di pelosok atau pinggir kota, bisa jadi akan kesulitan mengakses Busuu karena sinyal yang buruk.

Sekecil apapun data yang dibutuhkan, kalau sinyalnya buruk ya tetap akan kesulitan mengaksesnya. Apalagi rata-rata provider di Indonesia yang biasanya cuman iklan tanpa pembuktian.

Tapi ini wajar juga sih karena Busuu menggunakan banyak media. Kalaupun tidak menggunakan koneksi internet, mungkin ukuran aplikasinya akan sangat besar, ini sama saja akan memberatkan ketika mendownload aplikasi Busuu.

2. Harus Upgrade Untuk Mempelajari Semua Materi

Kelemahan Busuu kedua adalah kamu tidak bisa mengakses semua materi tanpa upgrade alias harus bayar. Jadi materi yang kamu dapatkan secara gratis kurang komplit.

Apa saja materi yang tidak bisa diakses gratisan? Cukup banyak sih, contohnya materi berlatih dengan penutur bahasa asli, mode luring, beberapa grammar, dan beberapa materi kosakata.

Sedangkan untuk upgrade harganya juga cukup lumayan, dibedakan menjadi dua yaitu Premium dan Premium Plus.

Kalau kamu serius ingin bisa bahasa inggris, tidak ada salahnya untuk upgrade. Pilih paket tahunan aja biar biaya perbulannya lebih murah.

3. Mengulang Dari Awal Setelah di Close

Kekurangan Busuu terakhir adalah ketika kamu membuka sebuah materi, kamu harus menyelesaikannya saat itu juga. Kalau kamu close, tidak bisa melanjutkan dari terakhir, harus dari awal lagi.

Beberapa kali saya mencoba membuka materi baru, lalu membacanya sebentar. Pas ditutup dan mau melanjutkan lagi, lho kok tidak bisa melanjutkan dari bagian terakhir yang saya pelajari.

Jadi harus klik “lanjut” terus menerus untuk sampai di bab terakhir kalinya. Ini cukup melelahkan sih, harusnya bisa lanjut. Atau setidaknya ada pilihan, mau lanjut atau mulai dari awal?

C. Yuk, Langsung Coba Aplikasi Busuu!

Gimana, mantap gak aplikasi Busuu ini? Jika ingin mencobanya langsung saja download dan install di PlayStore ya!

Untuk pengguna sistem operasi lain, saya kurang tahu apakah Busuu ini tersedia atau tidak, silahkan dicek sendiri ya!

Pokoknya mantep deh Busuu ini, saya pribadi sejauh ini puas banget menggunakannya. Walaupun ada beberapa kekurangan, itu tidak bisa menutup kemanfaatannya yang lebih besar.

Selanjutnya:
Materi belajar bahasa inggris pokok dan wajib untuk pemula.
Cara mudah dan cepat belajar bahasa inggris.
Kenapa belajar bahasa inggris itu sulit?
—–
Oke ya gaes, itulah review Busuu yang menurutku merupakan aplikasi belajar bahasa inggris terbaik di Android saat ini. Semoga review di atas bermanfaat dan membantu kalian menemukan aplikasi terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa kembali.