Tahapan Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri di Rumah

Diposting pada

Tahapan Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri di Rumah

– Mau pintar berbahasa inggris? Mau lancar berbicara bahasa inggris dengan cara belajar secara otodidak? Hmmn, bisa banget. Selama kamu punya tekad dan kemauan yang kuat, serta rencana belajar yang pas, mempelajari bahasa inggris di rumah pasti bisa dilakukan dengan mudah.

Rencana yang pas itu termasuk tahapan belajar itu sendiri, saya akui saya bukan ahli kurikulum belajar bahasa inggris. Tapi, dari bertahun-tahun saya mempelajari english, rasanya jika harus membuat buku pelajaran bahasa inggris, saya tahu materi mana yang pas untuk dipelajari dulu, dan mana yang bisa ditunda.

Nah, mau tahu tahapan belajar bahasa inggris secara mandiri di rumah versi saya? Berikut ini tahapannya:

Sebelumnya, baca juga: Metode belajar bahasa inggris yang menarik dan menyenangkan.

 Tahapan Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri di Rumah Tahapan Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri di Rumah

Vocabulary dan Dasar Parts of Speech

Vocabulary amat sangat penting, sebaik apapun Grammar yang dikuasai tapi kalau vocabulary-nya kurang, sama aja. Jadi jika kalian ingin belajar bahasa inggris, mulailah mempelajari vocabulary atau kosakata dengan menghafal. Tentu ada banyak sekali kosakata bahasa inggris, ada ribuan atau bahkan jutaan kata, dalam satu tahun pun kalian tidak akan mungkin menghafal semuanya.

Oleh karena itu, mempelajari kosakata hanya sebuah langkah awal, prosesnya bisa kalian lakukan sambil mempelajari materi lain. Biar hemat waktu, setiap kalian menghafal kosakata, ketahui juga termasuk apakah kosakata tersebut, misalnya kata kerja, benda, sifat, keterangan, dan lain sebagainya. Jadi mempelajari vocabulary dan Parts of speech bisa kalian lakukan bersamaan dan bisa dengan materi lainnya pula.

Kalian bisa mempelajari vocabulary dan parts of speech di sini:
Materi Vocabulary
Materi Parts of Speech
Cara menghafal dan memperbanyak kosakata

Materi Paling Dasar Bahasa Inggris

Sebagai penyemangat kalian agar tidak merasa pusing sebelum mempelajari lebih dalam bahasa inggris, lebih baik mempelajari yang dasar dulu. Beberapa materi dasar yang mudah namun akan berguna banget meliputi: materi alphabet dan spelling, numbers, time, days and months. Kalian bisa mempelajarinya di sini: Materi dasar bahasa inggris.

Materi Dasar Phrase, Sentence, dan Clause

Materi masih dasar namun sedikit lebih berat, kalian bisa mempelajari dasar phrase yang meliputi noun phrase, adjective phrase, adverbial phrase, preposition phrase, dan verb phrase. Untuk phrase lainnya mungkin bisa kalian tunda dulu, seperti participial dan infinitive phrase. Selain itu, kalian juga perlu mempelajari dasar sentence dan clause, dengan mempelajarinya kalian akan tahu perbedaannya karena sentence dan clause cukup mirip. Untuk tahap ini kalian cukup tahu dulu aja apa itu sentence dan clause.

Advertisement

Mempelajari Lebih Dalam Parts of Speech

Sekarang waktunya mempelajari sedikit lebih dalam parts of speech. Jadi di tahap ini kalian tidak hanya mempelajari penggolongan kata secara sederhana, tapi juga jenis-jenisnya dan yang melekat pada ciri khas setiap golongan kata. Misalnya Noun (kata benda), kalian perlu mempelajari apa itu countable noun, uncountable noun, dan noun marker.

Verb (kata kerja), kalian bisa mempelajari jenis kata kerja seperti auxiliary verb, ordinary verb. Juga perlu mempelajari verb form, dan verb character. Mungkin mempelajari lebih dalam parts of speech ini akan membutuhkan lebih banyak waktu, jadi bersabarlah dan jangan tergesa-gesa untuk mempelajari materi yang lebih berat.

Mempelajari Simple Tenses

Setelah selesai mempelajari parts of speech, saya sarankan untuk mempelajari tiga simple tenses, yaitu simple present tense, simple past tense, dan simple future tense. Dengan mempelajari 3 tenses tersebut dan dipadukan dengan materi sebelumnya, kemampuan bahasa inggris kalian sudah akan meningkat pesat. Kenapa? Karena 3 tenses tersebut yang paling mudah dipahami dan paling umum digunakan.

Sampai di sini setidaknya kalian sudah mampu memahami bacaan dan komunikasi sederhana dalam bahasa inggris.

Kalian bisa mempelajari simple tenses di sini:
Materi Simple Present Tense
Materi Simple Past Tense
Materi Simple Future Tense

Berlatih Membuat Kalimat Sederhana

Nah, sekarang waktunya kalian berlatih membuat kalimat sederhana dalam bahasa inggris menggunakan 3 tenses di atas. Buat sebanyak-banyaknya, apa yang ada dipikiran kalian dan apa yang kalian lihat langsung buat kalimat. Berlatih seperti ini pasti akan memacu pemahaman kalian, jika tidak tahu bahasa inggrisnya langsung cari, bingung mau pakai kata kerja apa langsung pelajari lagi!

Mempelajari Macam Tenses Lainnya

Dalam bahasa inggris dikenal ada 16 macam tenses, termasuk 3 tenses di atas. Setiap tenses ini akan membantu kalian dalam berkomunikasi sesuai kondisi dan situasi, jadi lawan bicara akan paham yang kalian maksudkan. Materi ini mungkin sudah mulai membingungkan, jadi tetap semangat belajar ya! Selama materi sebelumnya udah kalian kuasai, kebingungan akan mudah dikalahkan. Kalian bisa mempelajari materi tenses di blog ini, saya sudah banyak membahasnya, silahkan dicari ya!

Mempelajari Sentence Classification

Sentence classification merupakan pembagian kalimat. Dalam materi ini kalian akan mulai mempelajari berbagai macam jenis kalimat dalam bahasa inggris. Kalian bisa mempelajari jenis kalimat berdasarkan kata kerjanya, sering disebut nominal sentence dan verbal sentence. Juga bisa mempelajari jenis kalimat berdasarkan structure, yang meliputi kalimat negatif, kalimat introgatif, dan kalimat negatif interogatif.

Baca: Materi sentence.

Advertisement

Materi Passive Voice

Secara umum ada yang namanya kalimat aktif dan kalimat pasif. Kalau kalimat aktif, lebih mudah dipelajari, dalam mempelajari materi sebelumnya saya yakin kalian hanya menggunakan kalimat aktif saja.Kalimat aktif itu seperti “Aku memukul Budi”, sedangkan kalimat pasif atau passive voice seperti “Budi dipukul oleh saya”. Intinya sama, namun penyusun kalimatnya berbeda.

Baca: Materi Passive voice.

Materi Lanjutan Phrase dan Clause

Untuk phrase dasar seperti noun phrase, verb phrase, dan lain sebagainya sudah kalian pelajari, dan semoga sudah menguasainya. Nah, di tahap ini mungkin kalian sudah akan lebih mudah memahami lanjutan dari materi phrase, yaitu gerund phrase, infinitive phrase, dan participle phrase. Selain itu, kalian juga sudah bisa mulai mempelajari materi pengembangan dari clause, yaitu adjective clause, noun clause, dan adverbial clause.

Causative Verbs dan Conditional Sentence

Causative verbs adalah pengembangan dari verb, menerangkan beberapa kata yang fungsinya untuk menyuruh atau meminta orang lain untuk melakukan sesuatu. Sedangkan untuk conditional sentence, dikenal ada 4 jenis yaitu, type 0, type 1, type 2, dan type 3. Silahkan cari materinya di kategori Sentence di blog ini, saya sudah membahasnya lengkap.

Memperbanyak Idioms

Idioms adalah kalimat yang secara harfiah tidak bisa diartikan, atau artinya tidak seperti yang kita kira, misalnya “break a leg” yang memiliki makna semoga beruntung, dan sering digunakan sebagai pengganti “good luck” untuk mendoakan seseorang. Bisa dibayangkan ‘kan? Kalau diartikan secara harfiah, break a leg memiliki arti mematahkan kaki, yakin mau mendoakan orang dengan menyuruh mematahkan kaki?

Dalam bahasa inggris ada banyak sekali idiom, jika kalian menemukan sesuatu yang jika diartikan menjadi aneh, mungkin itu idioms. So, perkaya diri kalian dengan idioms biar kemampuan bahasa inggris menjadi lebih baik.

Belajar Memahami Bacaan Berbahasa Inggris

Sampai pada tahap di atas, saya yakin kemampuan bahasa inggris kalian sudah luar biasa. Tapi saya yakin belum begitu terlatih, dan mungkin masih tertatih-tatih memahami bacaan yang panjang. Oleh karena itu, saya sarankan untuk banyak-banyak membaca artikel berbahasa inggris. Buka situs luar negeri, dan coba cari topik yang menarik bagimu, lalu coba untuk memahami apa isinya. Saran saya, buat target perharinya, misalkan 1 hari minimal memahami 3 artikel.

Belajar Mendengar dan Berbicara Bahasa Inggris

Kalau memahami bacaan mungkin akan bermanfaat untuk baca tulis kalian. Di tahap ini, akan lebih sulit lagi, kalian perlu belajar mendengar dan berbicara langsung menggunakan bahasa inggris, ini akan bermanfaat untuk komunikasi secara langsung dengan orang lain. Untuk belajar mendengar dan berbicara, kalian bisa memanfaatkan film atau video bahasa inggris. Pelajari bagaimana mereka berucap dan dengarkan baik-baik.

Lalu praktekkan apa yang mereka ucapkan, rekam ucapan kalian, lalu bandingkan dengan ucapan mereka. Untuk mempelajari tahapan ini mungkin juga kalian perlu kembali ke tahap dasar, yaitu mempelajari alphabet dan spelling, materi dasar itu akan membantu kalian memahami sound dari setiap kata.

Confusing Words

Confusing word artinya kata yang membingungkan, bisa karena artinya, fungsinya, pelafalannya, dan lain sebagainya. Dalam bahasa inggris memang banyak sekali confusing word, misalnya other dan another, home dan house, shop dan store, effect dan affect, specially dan especially, just dan only, serta banyak lagi. Untuk mempelajari ini, bisa kalian pelajari bersamaan dengan materi-materi di atas sebelumnya, tidak harus paling akhir.

Perbesar Rasa Ingin Tahu Kalian!

Setelah mempelajari semua materi di atas dengan serius dan konsisten, saya yakin banget komunikasi bahasa inggris kalian udah lancar. Tapi memang tidak ada yang sempurna, besok mungkin kalian akan menemukan sesuatu yang belum kalian pelajari. Tahapan materi di atas saya sendiri yakin belum akan menjadikan kalian ahli bahasa inggris.

Oleh karena itu, setiap kali menemukan sesuatu yang tidak dipahami, langsung cari tahu! Sampai saat ini pun, saya juga melakukan hal tersebut. Setidaknya kalian sudah punya modal dengan mempelajari materi di atas, jadi kalau ada sesuatu yang baru pasti terasa mudah untuk dipelajari.
—-
Oke ya teman-teman semuanya, itulah tahapan belajar bahasa inggris secara mandiri di rumah atau otodidak. Semoga tahapan di atas bermanfaat dan membantu melancarkan proses belajar yang kalian jalani. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa kembali.