Talking about self Part 1

Diposting pada

Sebelum membahas panjang lebar mengenai Chapter ini, penulis akan memaparkan tujuan yang hendak dicapai setelah peserta didik mempelajari Bab ini (Buku Bahasa Inggris SMA/SMK/MA Kelas X)

Talking about self
Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran Bab I Bahasa Inggris Kelas X
Untuk Poin 1, fokus pembelajaran adalah supaya peserta didik atau siswa dapat memahami konsep yang meliputi makna, tujuan komunikasi struktur teks dan unsur bahasa. Ranah yang hendak dicapai adalah kognitif dimana anak didik sebelum mempraktikan diri melakukan dialog interpersonal maupun transaksional tentang jadi tiri, anak sebaiknya memahami lebih dahulu teorinya. Sebelum discuss tentang itu sebelumnya penulis ingin share apa itu teks interpersonal dan teks transaksional. Teks interpersonal adalah suatu teks baik lisan maupun tertulis kaitanya dengan hubungan komunikasi manusia dengan manusia lainya dalam bersosialisasi seperti tegur sapa(sapaan) dan sebagainya. Sedang kan Teks Transaksionaladalah sutu teks baik lisan maupun tulis berkaitan dengan komunikasi manusia satu dengan lainya untuk tujuan tertentu, tidak hanya sekedar bersosialisasi namun ada maksud yang hendak dicapai.
Teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang terkait dengan jati diri, dan hubungan keluarga maksudnya kita melakukuan komunikasi berinteraksi yang tujuannya adalah memperkenalkan diri kita dan keluarga kita kepada orang lain sehingga orang lain dapat mengetahui informasi tentang kita. Sebelum belajar lebih banyak alangkah baiknya kita pelajarari e-mail berikut ini:
Email Materi Chapter I Talking about self

Dari contoh e-mail di atas, terdapat suatu interaksi tertulis antara Hannah dan Alia. Hannah memperkenalkan dirinya beserta keluarganya. Di sini terjadi suatu interaksi transaksional antara Hannah dan Alia melalui e-mail. Alia mengetahui informasi mengenai Hannah, keluarganya, aktifitas, hobi dan sebagainya. Teks diatas dapat memberi gambaran kita bahwa untuk memperkenalkan diri kita kepada orang lain kita dapat menggunakan ekspresi atau ungkapan yang umum dan lazim digunakan,contoh:
          Hello, Let me introduce myself, I am Shidqi
          Hi, my name is Hannah. I have two brothers
          Good morning sir, I am Fatimah
          I’d like to introduce myself. My name is Trumia.
          My name is Mustofa. I am from Bandar Batang. I like operating computers and laptops. I’m 34 years old.
          Etc.
Ungkapan di atas hanya sebagian contoh saja dan masih banyak lagi yang lainya. Tujuan kita adalah mengidentifikasi makna, tujuan, struktur teks dan unsur bahasa yang digunakan dalam interaksi transaksional terkait jati diri dan keluarga.

To be continued to part 2
Gambar Gravatar
Tips Belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *